Cara Mudah Mengukur Baju Wanita Agar Bagus Hasilnya

Cara Mengukur Baju Wanita

Mengukur pakaian wanita ~ Mengukur pakaian menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan ukuran yang pas dengan badan. Namun, hal tersebut masih banyak orang yang tidak memperhatikan, sehingga banyak dari mereka yang mendapatkan baju yang tidak sesuai dengan badan mereka.

Nah, untuk membantu Anda mengukur baju dengan benar, berikut ini adalah cara mudah mengukur baju dan celana wanita.

Cara Mengukur Baju Wanita                   

Cara mengukur baju yang benar adalah mengetahui terlebih dahulu ukuran badan, yang meliputi tinggi badan dan berat badan.

Ada 3 bagian tubuh yang harus kita ketahui ukurannya, antara lain :

1. Mengukur Lingkar Dada atau Lingkar Badan

Cara mengukur lingkar dada, yang harus Anda lakukan adalah mengukur dengan posisi tubuh yang tegak dan rileks, kemudian lingkarkan alat ukur meteran baju tepat pada bagian dada yang menonjol dan lurus pada punggung.

2. MengukurLingkar Pinggul

Untuk mengetahui ukuran lingkar pinggul, Anda dapat mengukurnya dengan cara, letakkan alat ukur meteran di sekeliling pinggul Anda yang paling besar. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengenakan pakaian, Anda bisa menambahkan ukuran baju 4 cm dari ukuran aslinya.

3. Mengukur Lingkar Pinggang

Mengukur lingkar pinggang dapat dilakukan dengan cara meletakkan alat ukur meteran baju diatas tulang pinggul. Namun, jangan sampai anda mengecilkan perut saat melakukan pengukuran, dan jangan terlalu kencang mengikat alat ukurnya.

Namun, jika Anda ingin mengetahui ukuran  tubuh secara lengkap, supaya baju yang Anda kenakan benar – benar nyaman dan pas, Anda bisa mengukur bagian tubuh berikut ini :

  • Lingkar Leher

Cara mengukur lingkar leher adalah letakkan alat ukur mengilingi leher melalui lekuk leher, lalu tambahkan ukuran 1 cm atau masukkan 1 jari Anda.

  • Panjang Muka

Pengukuran panjang muka dilakukan dari tulang yang menonjol di bawah leher hingga batas ikat pinggang.

  • Lebar Muka

Untuk lebar muka, dilakukan pengukuran dari batas tengah kerung lengan muka dari sisi kiri ke kanan.

  • Tinggi Dada

Tinggi dada diukur dari batas pinggang hingga ke buah dada tertinggi.

  • Panjang Sisi

Panjang sisi diukur dari batas ketiak sampai pinggang, kemudian dikurangi 2 cm.

  • Panjang Bahu / Lebar Bahu

Pengukuran lebar bahu dilakukan mulai dari lekukan leher hingga ujung bahu.

  • Lebar Punggung (Pundak)

Lebar pundak diukur dari batas tengah kerung lengan kiri hingga kerung lengan kanan.

  • Panjang punggung

Panjang punggung diukur dari tulang leher hingga batas ikat pinggang.

  • Jarak dada

Untuk jarak dada, diukur dari dada kanan ke dada kiri.

Mengukur Celana Wanita

Sedangkan untuk mengukur celana perempuan dewasa , hal yang perlu diukur antara lain :

  • Lingkar pinggang
  • Lingkar atas pinggang
  • Lingkar perut hingga bokong
  • Lingkar Paha
  • Lingkar betis
  • Panjang kaki

Pada saat mengukur lingkar pinggang, ada 2 bagian yang harus diukur agar celana bisa pas, yaitu bagian atas pinggang, dan bagian pinggangnya.

Hal ini perlu dilakukan karena Lebar perut dan pinggang perempuan itu beda-beda, terutama wanita gemuk, sehingga ini adalah hal yang sangat penting agar nantinya celana bisa pas terpakai.

Untuk lingkar paha dan betis juga harus diukur secara pas. agar tidak kesempitan saat jadi.

Namun biasanya ukuran lingkar paha dan betis ini tergantung keinginan, karena ada perempuan yang ingin celananya lebar dan tidak ketat.

Setelah anda mendapatkan semua ukuran yang dibutuhkan anda bisa melanjutkan untuk membuat pola dasar celana tersebut.

Tips Mengukur Baju Pelanggan Yang Pesan Baju Online

Saat membeli pakaian atau menerima pesanan baju secara online, hal yang paling dibutuhkan adalah ukuran-ukuran bagian badan yang telad dibahas diatas.

Jika anda sudah mengetahui apa saja ukuran yang dibutuhkan, anda tinggal kirimkan saja ukuran ukuran tersebut ke penjahit. itu sudah cukup untuk membuat baju yang sesuai

  • Pahami terlebih dahulu lingkar pakaian

Melakukan pengukuran langsung pada tubuh adalah cara yang paling ampuh untuk mengetahui ukuran baju, dan Anda bisa melihat cara mengukurnya pada penjelasan diatas.

Namun, apabila tidak ada seseorang yang membantu Anda melakukan pengukuran, Anda bisa mengukur baju yang Anda rasa nyaman di pakai dan pas di badan Anda.

  • Ketahui cutting style pakaian

Cutting style pakaian menentukan kesan baju tersebut seperti apa. Misalnya pada kemeja, terdapat 2 jenis cutting style yaitu regular fit, dan slim fit.

Untuk kemeja regular fit, memiliki bentuk yang lebih formal, sehingga kemeja ini cocok untuk mendatangi sebuah acara formal. Sedangkan, kemeja slim fit memiliki kesan yang terlihat kasual, sehingga cocok untuk acara semi formal.

  • Minta tabel ukuran pakaian pada penjual

Setiap brand pakaian memiliki size standarnya masing – masing, sehingga apabila penjual tidak memberikan size chartnya, Anda harus menanyakannya terlebih dulu, agar baju yang Anda pilih sesuai dengan tubuh Anda.

Tinggalkan komentar