Pantai Bajul Mati : HTM, Lokasi, Rute, Penginapan

sumber: instagram.com

Malang memang kota yang memiliki berbagai macam tempat pariwisata. Tempat ini seperti memang sengaja dibuat untuk para wisatawan saja. Bagaimana tidak, kota satu ini menawarkan banyak tempat rekreasi.

Jika anda menyukai petualangan dan alam, maka rekomendasinya adalah pantai dan air terjun. Untuk anda yang memilih pantai, anda dapat menemukan banyak pantai di Malang bagian selatan. Salah satunya adalah Pantai Bajul Mati.

Topik yang dibahas:

  1. rute dan lokasi
  2. sejarah
  3. harga tiket
  4. fasilitas
  5. pemandangan
  6. aktivitas di pantai
  7. kuliner
  8. penginapan

Rute dan lokasi

Waktu perjalanan yang anda butuhkan dari Kota Malang ke Pantai Bajol Mati sekitar 2 jam 11 menit. Tepatnya pantai ini berlokasi di Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Jawa Timur. Akses jalan menuju pantai juga tergolong sangat mudah. Bahkan anda dapat menempuh perjalanan tersebut baik menggunakan sepeda motor atau pun mobil.

Terdapat 2 rute yang dapat anda tempuh. Namun, rekomendasi saya adalah jalan yang melewati Turen. Hal ini dikarenakan jalanannya tidak berlubang. setelah anda sampai Turen, anda harus ke Sumber Majing Wetan. Ambil arah lurus mengikuti jalan menuju Pantai Sendang Biru.

Anda harus mencari Plang yang menuju ke arah Pantai Bajul Mati. Jika sudah bertemu, anda akan melewati jembatan artistik sepanjang 90 meter. Jembatan ini berbentuk setengah lingkaran. Tanda inilah yang menandakan bahwa anda akan segera sampai di lokasi.

Sejarah

Pantai Bajol Mati bukanlah pantai baru. Bahkan pantai ini sudah ditemukan sejak tahun 1980-an. Untuk sejarah penamaannya sendiri, terdapat 3 cerita yang berbeda. Cerita ini dijadikan cerita secara turun-temurun.

Cerita yang pertama adalah saat ditemukannya pantai ini, terdapat bajol mati. Dalam Bahasa Indonesia artinya adalah buaya yang mati. Buaya tersebut berukuran sangat besar sehingga menarik perhatian warga. Untuk mengenang kejadian tersebut para warga sepakat untuk menamai pantai ini dengan nama ‘Pantai Bajol Mati’.

Cerita selanjutnya adalah karena keberadaan salah satu karang yang ada di pantai tersebut. Karang tersebut sangat besar. Karang tersebutlah yang memecahkan ombak laut. Saat ombak tersebut menghantam karang, karang akan terlihat seperti buaya. Bahkan banyak warga yang percaya bahwa karang tersebut dapat menjadi buaya yang hidup saat malam hari.

Yang terakhir adalah pantai tersebut menjadi tempat bertarungnya Nyi Roro Kidul dengan 2 buaya putih. Pertarungan ini membuat salah satu buaya putih tersebut mati. Jadi menurut cerita ini, yang ditemukan buaya mati oleh warga adalah buaya yang terbunuh tersebut.

Untuk kejelasan yang lebih pasti belum ada. Legenda itu hanya kabar burung saja.

Harga tiket

Untuk dapat masuk ke kawasan pantai, anda akan dikenakan 2 pembayaran sekaligus, yaitu tiket masuk dan tiket parkir.

Tiket masuk sebesar:

1 orangRp10.000,00

Tiket parkir sebesar:

KendaraanHarga
Sepeda motorRp10.000,00
MobilRp15.000,00

Fasilitas

Walaupun rute yang ditempuh cukup sulit, namun pantai ini memiliki fasilitas yang memadai, yaitu:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Musholla
  • Warung

Pemandangan

sumber: instagram.com

Walau terkenal dengan cerita mistisnya, namun pemandangan pantai tidak memiliki suasana yang seram sama sekali. Bahkan pantai ini terbilang sangat indah.

Hantaran pasir putih menjadikan suasana yang sangat elegan. Tarian ombak sangat menggugah selera para wisatawan. Hal ini membuat para wisatawan ingin merasakan segarnya berenang di sana.

Namun, jangan terhanyut perasaan tersebut. Ombak besar yang dimiliki pantai ini dapat menyeret anda hingga ke tengah laut.

Sama halnya dengan tragedi yang menimpa 2 wisatawan pada tahun 2019. Mereka tergiur segarnya air laut sehingga mereka mengabaikan larangan berenang di pantai ini. Mereka terseret ombak dan akhirnya ditemukan dalam keadaan tewas.

Namun, di sana sebenarnya anda dapat menikmati pemandangan lainnya yang lebih menarik selain berenang. Pemandangan tersebut berupa:

Jembatan Bajul Mati

sumber: instagram.com

Jembatan ini merupakan salah satu ikon untuk Pantai Bajol Mati. Tak hanya sebagai ikon, jembatan ini memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang dibuat oleh jembatan bajul mati. Bahkan struktur bangunannya pun sangat unik dan khas.

Muara sungai yang indah

Muara ini terletak tidak jauh dari pantai. Anda hanya perlu berjalan ke arah barat menyusuri bibir pantai. Pemandangan di muara  sangat indah dan asri.

Muara tersebut memiliki air yang berwarna hijau jernih. Karena terlalu jernihnya, anda akan dapat melihat dasar sungai tersebut.

Karang yang berbentuk buaya

Ciri khas dari pantai ini memanglah dari karang yang berbentuk buaya tersebut. Karang ini akan memberikan pemandangan yang sangat indah saat membelah ombak lautan.

Akan terlihat belahan ombak dengan percikan air yang berwarna putih membentuk seperti embun.

Momen ini lah yang biasa ditunggu oleh para pecinta photography.

Aktivitas di pantai

Jika anda merasa berpikir bahwa di pantai ini anda akan boring, anda salah besar. Banyak hal yang dapat dilakukan di pantai ini. Berikut rekomendasi kegiatan saat berada di Pantai Bajul Mati:

Bersantai

Jika anda menyukai ketenangan, anda dapat bersantai di bawah pohon pinggir pantai. Anda dapat merileks kan diri anda. Menghirup udara segar yang tidak anda dapatkan saat di kota. Merasakan hembusan angin yang sedikit kencang.

Lupakan sejenak tentang hingar bingar kota. Lupakan beban pekerjaan anda. Setelah melakukannya, anda akan merasa sangat tenang dan nyaman. Stress yang anda rasakan juga akan sedikit hilang.

Melepas penyu

sumber: instagram.com

Pantai ini adalah pantai mendaratnya penyu untuk bertelur. Anda dapat melihat banyak penyu di pantai ini. Bahkan anda dapat melihat pelepasan penyu yang dilakukan oleh masyarakat.

Anda juga dapat mengabadikan foto bersama penyu.

Berfoto

sumber: instagram.com

Keindahan yang ditawarkan di Pantai Bajul Mati tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya. Bahkan mereka menyebut bahwa pemandangan yang ada di pantai ini hampir sama dengan pemandangan pantai di Gunung Kidul Yogyakarta.

Akan terlihat seperti gurun pasir berwarna putih dengan gunung kapur di depannya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mencoba pose lainnya dengan pemandangan yang tersedia.

Berjalan-jalan

sumber: instagram.com

Jika anda sedang bosan dengan pemandangan pantai tersebut. Anda dapat berjalan-jalan di bibir pantai ke arah barat. Anda akan menemukan muara dengan airnya yang berwarna hijau jernih. Di sana anda dapat berenang dengan bebas tanpa diseret ombak.

Bermain air

Dilarang berenang bukan berarti dilarang bermain air di pantai. Anda dapat bermain air di pinggir pantai. Namun tetap waspada. Jangan terlalu ke tengah laut.

Namun, jika anda tidak puas bermain air di pantai ini, anda dapat bermain air dengan sangat leluasa di muara dekat pantai.

Kuliner

Anda dapat mencoba berbagai macam kuliner yang disediakan di warung-warung pinggir pantai. Namun, biasanya warung-warung ini hanya buka saat hari libur saja. Saat hari biasa, jarang ada yang buka bahkan biasanya tidak ada yang buka.

Jadi, untuk anda yang akan mengunjungi Pantai Bajul Mati saat hari-hari biasa, sebaiknya anda membawa bekal dari rumah.

Penginapan

  • Penginapan Pondok Wisata Berkah

Harga              : Rp366.666,00

Jarak                : 4,7 km

Fasilitas           : parkir luas, kopi dan teh gratis di lobby, ruang TV, tempat tidur

  • Pondok Bamboe

Harga              : Rp200.000,00

Jarak                : 6,76 km

Fasilitas           : AC, TV, area bebas rokok, area merokok, tempat tidur, teras

  • Homestay Dhilpratis

Harga              : Rp266.600,00

Jarak                : 10,99 km

Fasilitas           : parkir luas, kopi dan teh gratis di lobby, ruang TV, tempat tidur

Tinggalkan komentar