Pantai Balekambang : HTM, Lokasi, Rute, Penginapan

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Malang. Bahkan pantai ini biasa dikenal oleh para wisatawan sebagai Pantai Tanah Lotnya jawa timur. Pemandangan dan daya tariknya sama seperti Pantai Tanah Lot, yaitu pure yang terdapat di pantai.

Tak hanya itu, terdapat beberapa mitos yang ada di pantai ini sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi.

Dalam artikel ini, akan dibahas:

  1. Kondisi jalan, rute dan lokasi menuju Pantai Balekambang
  2. Sejarah dan mitos Pantai Balekambang
  3. Harga tiket masuk dan harga parkir di Pantai Balekambang
  4. Jam operasional
  5. Fasilitas
  6. Pemandangan Pantai Balekambang
  7. Daya tarik Pantai Balekambang
  8. Kuliner
  9. Penginapan terdekat

Kondisi jalan, rute dan lokasi menuju Pantai Balekambang

Tak hanya wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan luar negeri juga sudah mulai berbondong-bondong menuju Pantai Balekambang. Hal ini dikarenakan daya tariknya dengan didukung oleh akses jalan yang sangat mudah.

Anda hanya akan melewati jalanan yang telah dimakadam. Mungkin, anda akan kesulitan saat melewati kawasan Jurang Mayit. Di kawasan ini anda harus melewati jalanan yang sangat menikung. Namun jangan khawatir, jalanan yang anda tempuh telah di aspal.

Lalu, dimanakah lokasi Pantai Balekambang?

Pantai Balekambang tepatnya berada di Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur.

Jika anda berada di Malang kota, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 6 menit. Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 59 km. Perjalanan ini adalah perjalanan yang melewati gondang legi.

Namun, jika anda melewati kepanjen, anda harus menempuhnya sedikit lebih lama. Hal ini dikarenakan jaraknya yang sedikit lebih jauh. Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam 11 menit untuk perjalanannya.

Untuk rute lebih rincinya, anda dapat melihat langsung di google maps.

Sejarah dan mitos Pantai Balekambang

Dahulu kala, Pantai Balekambang merupakan pantai yang tertutupi oleh hutan belantara. Lalu, jalanan hutan tersebut dibuka oleh seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta. Beliau bernama Syaikh Abdul Jalil. Beliau adalah salah satu tokoh pejuang yang menolak penjajahan di masa Belanda. Beliau gugur di Pantai Balekambang dan dimakamkan di sana.

Makam ulama tersebut berada sekitar 1 km dari Pantai Balekambang. Banyak umat islam yang berbondong-bondong ke pantai ini untuk berziarah ke makam tersebut. Biasanya, para umat islam akan berziarah saat bulan Suro atau Muharram.

Tak hanya memiliki nilai sejarah, Pantai Balekambang juga memiliki mitos. Terdapat 2 mitos tentang pantai ini.

Mitos pertama adalah jika anda datang bersama kekasih anda yang belum memiliki ikatan pernikahan, hubungan anda akan berakhir. Namun, mitos tersebut belum dipastikan kebenarannya.

Untuk mitos yang kedua, sering didengar oleh para wisatawan. Tak hanya itu, mitos ini juga menarik banyak pengunjung. Mitos tersebut adalah katanya air Pantai Balekambang dapat membuat wajah menjadi awet muda. Anda hanya perlu membasuh wajah anda dengan air yang ada di pantai ini.

Namun, mayoritas pengunjung lebih memilih membasuh seluruh tubuhnya daripada hanya membasuh muka saja.

Harga tiket masuk dan harga tiket parkir di Pantai Balekambang

Anda akan dikenakan HTM yang berbeda sesuai dengan hari anda berkunjung. Akan digolongkan menjadi 2 yaitu weekend (sabtu-minggu) dan weekday (hari biasa).

HariHarga
WeekdayRp10.000,00
WeekendRp15.000,00

Jam operasional

Dikarenakan pantai ini diperbolehkan untuk berkemah, maka pantai ini di buka selama 24 jam

24 jam

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang memang sangat lengkap dari yang lain. Fasilitas tersebut meliputi:

  • Toilet
  • Penginapan
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan tikar
  • Musala
  • Toko oleh-oleh

Pemandangan Pantai Balekambang

Sesampai di pantai semilir angin akan membelai anda dengan sangat lembutnya. Deruan ombak bersahutan akan menenangkan pikiran anda. Akan terlihat pasir putih yang begitu luasnya dengan air gradasi yang sangat mempesona. Bahkan anda akan melihat pemandangan dari pulau yang memiliki bangunan besar. Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyono.

Udara dingin dengan hangatnya sengatan matahari akan membuat anda merasa sangat nyaman. Anda juga akan melihat patung-patung hewan di sekitar pantai.

Tak hanya itu, pemandangan keseruan dari wahana flying fox akan memunculkan keinginan anda mencoba wahana yang sangat menakjubkan tersebut.

Daya tarik Pantai Balekambang

Pantai lain biasanya memiliki daya tarik yang khas dan hanya satu. Berbeda halnya dengan pantai ini. Pantai ini memiliki beragam daya tarik yang khas. Pantai ini juga memberikan fasilitas yang membuat para pengunjungnya tidak merasa bosan. Daya tarik tersebut yaitu:

Berenang

Jika anda berwisata di pantai maka kurang lengkap bukan jika belum berenang?

Walau masih tergolong pantai selatan, namun di pantai ini anda dapat berenang dengan leluasa. Air pantai juga sangat bersih dan tidak tercemar. Hal ini akan membuat anda ingin untuk merasakan kesegarannya.

Untuk anda yang membawa anak kecil, anda harus mengawasinya dengan ekstra. Mereka dapat terseret secara tiba-tiba saat ombak datang. Namun, jangan terlalu khawatir karena di Pantai Balekambang sudah terdapat petugas penjaga pantai. Mereka tersebar di bibir pantai dan juga di tengah pantai. Hal ini digunakan untuk tindak cepat jika terdapat kejadian yang tidak diinginkan.

Melihat perayaan nyepi

sumber: surabaya.singgasanahotels.com

Di pantai, anda akan dapat melihat 3 pulau sekaligus. Pulau-pulau tersebut yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni.

Pulau yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pulau Ismoyono. Pulau inilah yang membuat Pantai Balekambang terlihat seperti Tanah Lot. Di dalam pulau tersebut terdapat Pura (tempat ibadah agama hindu).

Biasanya, para pengunjung berbondong-bondong ke Pantai Balekambang saat nyepi tiba. Mereka ingin melihat secara langsung bagaimana perayaan nyepi di Pura yang ada di tengah laut.

Namun, anda tidak akan diperbolehkan ke dalam Pura jika sedang dalam masa haid.

Untuk anda yang ingin mengunjunginya, anda hanya perlu berjalan melewati jembatan penghubung antara Pura dan pantai.

Melihat ritual suroan

sumber: phinemo.com

Tak hanya hindu saja, pantai ini juga digunakan untuk ritual agama islam. Setiap bulan Sura tepatnya tanggal 10 Sura atau 10 Muharram akan digelar acara Suroan. Acara ini akan digelar dengan sangat meriah untuk memperingati tahun baru islam.

Jadi, untuk anda yang ingin melihat acara ini, anda harus mengunjungi pantai ini pada tanggal 10 Muharram.

Mencoba wahana flying fox

Wahana flying fox ada di Pantai Balekambang sejak tahun 2012. Dengan wahana ini, anda akan menikmati keseruan melihat pemandangan laut dari sudut pandang yang tidak dapat wisatawan lainnya nikmati. Anda juga akan menikmati hembusan angin yang lebih segar akibat dari pergerakan permainan tersebut.

Namun, wahana ini hanya akan dibuka pada hari sabtu dan minggu saja. Jadi, untuk menikmatinya, anda harus mendatangi Pantai Balekambang sesuai jadwal yang tertera.

Bermain ayunan

Bermainan ayunan ditempat lain dengan bermain ayunan di pinggir pantai memang memiliki suasana yang sangat berbeda. Akan lebih menyenangkan dan menenangkan jika anda melakukannya di pinggir pantai.

Wahana ini sangat cocok untuk anda yang sangat menyukai ketenangan.

Bermain di sungai kecil

Terdapat sungai kecil di sekitar pantai. Sungai ini memiliki arus yang sangat tenang sehingga sangat cocok untuk berenang anak-anak kecil. Di sungai anda tidak akan dipungut biaya apapun. Bahkan di sungai ini anda dapat menyewa pelampung untuk lebih menjaga anak anda saat berenang. Untuk biaya penyewaannya sendiri, anda dapat bertanya kepada petugas di sana.

Berfoto

Memang setiap momen bahagia harus diabadikan agar dapat dikenang di masa mendatang. Sama halnya saat anda melakukan rekreasi dengan teman, keluarga, ataupun kekasih anda. Namun, agar momen tersebut lebih menarik, anda harus berfoto di tempat yang menarik.

Di Pantai Balekambang anda akan merasakan bahwa anda merasa di surganya dunia. Setiap foto dimanapun akan sangat instagramable. Bahkan anda tidak akan jenuh dengan pemandangan pantai saja.

Selain di pantai, anda juga dapat berfoto di jembatan menuju Pura. Bahkan hanya dengan duduk di ayunan saja akan terasa sangat aestetic.

Berkemah

sumber: instagram.com

Di tempat ini anda juga diperbolehkan untuk berkemah. Bahkan anda tidak akan dipungut biaya untuk pendirian tenda. Namun, anda harus mempersiapkan tenda tersebut dari rumah karena tidak terdapat penyewaan di sekitar pantai.

Suasana berkemah di pinggir pantai memang tidak pernah salah. Anda akan dapat melihan sunrise dan sunset sekaligus. Anda juga dapat menghidupkan api unggun dan bakar-bakar. Anda akan dapat merasakan dinginnya malam diikuti dengan hangatnya api unggun.

Tak hanya itu, anda juga dapat bernyanyi bersama teman-teman dan bersenda gurau hingga menjelang pagi.

Untuk keamanan, jangan memilih tempat berkemah di dekat gelombang ombak pantai. Gelombang ombak akan dapat menyeret tenda anda saat anda sedang tertidur pulas.

Kuliner

Terdapat banyak warung ataupun cafe di pinggir pantai. Anda dapay mencicipi berbagai macam masakan di sana. Harga makanan sekitar Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 untuk seporsinya. Sangat murah bukan?

Selain kuliner, di sana juga terdapat berbagai macam toko oleh-oleh baik berupa makanan ataupun barang. Anda dapat membeli barang-barang tersebut untuk keluarga di rumah yang sedang menanti anda.

Penginapan terdekat

Penginapan Wibisono II

Jarak                : 242 meter

Fasilitas           : parkir, satu kamar, kipas angin

Harga               : Rp277.777

Fira Homestay

Jarak                : 612 meter

Fasilitas           : meja, dapur kecil, pancuran

Harga               : Rp275.750,00

Homestay Dhilpratis at Pantai Balekambang

Jarak                : 689 meter

Fasilitas           : parkir, kamar dengan kamar mandi dalam

Harga               : Rp266.600,00

Tinggalkan komentar