Pantai Bantol : Rute, Lokasi, HTM, Fasilitas, Penginapan

sumber: instagram.com

Malang merupakan kota pelajar yang memiliki banyak tempat pariwisata. Mayoritas, wisatawan hanya mengetahui tentang wisata yang memiliki beragam wahana seperti Jatim Park.

Terlepas dari itu, Malang juga memiliki wisata pantai yang cukup banyak. Wisata ini terletak di daerah Kabupaten Malang daerah selatan. Salah satunya adalah Pantai Bantol, pantai dengan segala keindahan alamnya.

Daftar isi :

  1. Rute dan lokasi menuju Pantai Bantol
  2. Sejarah Pantai Bantol
  3. Harga tiket
  4. Fasilitas
  5. Pemandangan
  6. Bermain ATV
  7. Berkemah
  8. Memancing dengan nelayan
  9. Berkeliling ke Hutan Jati
  10. Berkeliling ke Hutan Bakau
  11. Membuat istana pasir
  12. Berenang di sungai air payau
  13. Kuliner
  14. Penginapan

Rute dan lokasi menuju Pantai Bantol

Tidak seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Bantol memiliki akses jalan yang sangat mudah. Namun, jalanan yang ditempuh masih berupa tanah dan makadam. Anda dapat ke Pantai Bantol dengan kendaraan apapun, baik itu kendaraan roda 2 ataupun roda 4.

Tepatnya, lokasi pantai ini berada di Sumberceleng, Banjarejo, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa timur. Lokasinya pun cukup mudah. Dari perempatan Desa Sumbermajing, anda hanya perlu berjalan kearah selatan sejauh sekitar 10 km.

Untuk lokasi pantai dengan Kota Malangnya sendiri memiliki jarak tempuh sekitar 56,2 km. Anda dapat menempuh jarak tersebut dengan waktu sekitar 2 jam lamanya.

Perhatikan terlebih dahulu bahwa kendaraan anda dalam keadaan baik-baik saja sebelum melewati hutan jati. Jangan lupa mengecek juga bensin anda karena di daerah tersebut tidak ada penjual bensin.

Sejarah Pantai Bantol

Pantai Bantol ditemukan pada tahun 1950-an. Pantai ini ditemukan oleh seorang perantau yang sedang mencari penghidupan baru di bibir pantai. Pada saat itu, pantai ini masih benar-benar dikelilingi oleh hutan belantara. Tokoh tersebut bernama Bayan Diyat.

Tokoh tersebut menyebutkan bahwa pantai ini adalah harta karun terpendam. Hal ini dikarenakan banyaknya buah dan kayu yang ada di sana. Cerita tersebut menyebar di kalangan masyarakat membuat banyak orang berbondong-bondong ke pantai ini. Kegiatan ini menyebabkan akses jalan ke pantai semakin rusak.

Akhirnya, pada tahun 1990, pantai bentol diperbaiki dengan serius oleh pihak perum perhutani.

Harga tiket

Harga tiket masuk yang dipatok Pantai Bantol masih sangat terjangkau. Anda dapat menikmati keindahan pantai ini hanya dengan membayar sebesar Rp5.000,00 per orang saja. baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa dipatok dengan harga yang sama.

Untuk tiket parkirnya sendiri, anda dikenakan biaya sebesar:

Jenis kendaraanHarga
Sepeda motorRp5.000,00
MobilRp7.500,00

Fasilitas

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, anda akan diberi fasilitas yang sangat lengkap. Hal ini akan membuat anda merasa lebih nyaman saat berada di sana. Fasilitas tersebut yaitu:

  • Banyak toilet
  • Warung
  • Gazebo
  • Sewa ATV
  • Daerah camping

Pemandangan

sumber: instagram.com

Hantaran pasir putih akan memberi kesan menawan pada Pantai Bantol. Gelombang laut yang tidak terlalu besar dengan pemandangan hutan yang sangat asri akan terlihat di sana.

Namun, jika anda pergi ke sana saat sedang pasang, gelombang ombak akan sangat deras dan berbahaya. Oleh karena itu, pada saat di pantai, akan ada peringatan bahwa anda tidak boleh berenang di sana.

Berbeda halnya saat pantai sedang surut, anda akan dapat melihat keindahan gugusan karang yang sangat cantik yang berada di dasar laut. Pemandangan ini tercipta karena pantulan dari cahaya matahari yang mengenai air laut.

Saat pasang surut terjadi, anda akan dapat melihat sunset pantai ini dari karang pesanggrahan. Karang ini terbentuk menjorok ke tengah laut. Biasanya, pasang surut akan terjadi ketika bulan baru dan ketika gerhana bulan.

Bermain ATV

sumber: grido.com

di piggiran pantai, akan ada orang yang menyewakan ATV. Alat ini akan memudahkan anda untuk berkeliling di Pantai Bantol.

ATV dapat digunakan untuk 2 orang sekaligus. Berkeliling pantai menggunakan alat ini akan memberikan kesan senang yang lebih daripada berjalan kaki. Anda juga dapat menghemat energi yang anda butukan untuk berjalan.

Tak hanya di pantai ini, anda dapat membawa alat ini menyusuri jalan setapak hutan jati yang akan membawa anda ke pantai lainnya. Untuk dapat menyewa alat ini, anda akan dikenakan tarif Rp50.000,00 per jam.

Berkemah

sumber: instagram.com

Pantai Bantol menyediakan lahan yang sangat luas untuk anda yang ingin berkemah dengan keluarga ataupun teman anda. Anda akan dapat melihat senja yang begitu indah di hari menjelang petang.

Jika anda berniat melakukan kegiatan ini, anda harus membawa keperluan berkemah sendiri. Petugas pantai hanya menyiapkan lahan saja. Anda akan dikenakan biaya keamanan sebesar Rp10.000,00 saja.

Saat melakukan kegiatan ini, anda dapat memilih memasak sendiri atau membeli di warung pinggir pantai. Warung ini buka hingga jam 12 malam saja. Jadi, pastikan anda telah mengisi perut anda sebelum jam 12 malam.

Untuk keamanan saat malam, anda tidak perlu khawatir adanya hewan buas dari kawasan hutan. Para polisi hutan saat malam akan berpatroli hingga kawasan perkemahan.

Memancing dengan nelayan

sumber: mongabay.co.id

Anda dapat ikut perahu nelayan yang akan mencari ikan ke laut jika ingin memancing. Tak hanya itu, ditengah laut anda akan dapat melihat dengan jelas terumbu karang yang ada di dasar laut.

Keseruan memancing di laut tidak sama saat anda memancing di kolam pancing tengah kota. Untuk anda yang suka memancing, anda harus mencoba suasana memancing yang berbeda dari biasanya.

Berkeliling hutan jati

Di dalam hutan jati, terdapat jalan setapak. Jalan setapak tersebut adalah jalan yang terhubung ke pantai lain yang ada di sekitarnya. Untuk mencapai ke sana, anda hanya perlu berjalan kaki atau menggunakan ATV.

Jangan khawatir, dengan mengikuti jalan tersebut, anda tidak akan tersesat di hutan jati.

Pemandangan pantai-pantai di sekitar pantai Batol, juga memiliki pesona alam yang tak kalah indah dari pantai tersebut.

Jika anda mengambil arah timur dari area parkir, anda akan menemui Pantai Seling Kates, Pantai Watu Gebros, Pantai Weden Ombo, Pantai Seling Ombo, dan Pantai Wedi Ciut. Namun, saat anda menyusuri ke timur lebih jauh lagi, anda akan ditemukan pantai terakhir yaitu Pantai Watu Buceng. Pantai ini dibatasi langsung oleh perbukitan yang sangat tinggi.

Jika anda mengikuti jalur barat, anda akan bertemu dengan Pantai Kedung Celeng, Pantai Pulo Doro, Pantai Pantai Weden Ciut, Pantai Makuto Ombo, Pantai Pangut Guo, Pantai Ngledakan, Pantai Kondang Rowo, Pantai Ndelik, Pantai Njulek, Pantai Padas Pecah, Pantai Krambilan, dan terakhir Pantai Watu Lawang.

Saran saya, untuk mempersingkat waktu anda jika ingin berkunjung ke pantai-pantai ini, lebih baik anda menggunakan ATV saja.

Berkeliling hutan bakau

Di pantai selatan Pulau Jawa, mayoritas tidak terdapat hutan bakau di sekitarnya. Berbeda dengan pantai yang satu ini. Anda dapat menikmati pemandangan hutan bakau atau biasa disebut dengan hutan mangrove saat berada di pantai.

Untuk anda yang ingin menyusuri hutan mangrove ini, pastikan anda telah menggunakan obat nyamuk oles sebelumnya. Hal ini dikarenakan sangat banyak nyamuk di dalam hutan mangrove. Jika anda terkena gigitan nyamuk disini, rasa gatal yang didapatkan akan bertahan hingga beberapa hari kedepan.

Membuat istana pasir

Membuat istana pasir di pantai bersama keluarga adalah hal yang ditunggu oleh anak-anak. Saat mereka membuat istana pasir, kreatifitas otak mereka akan sangat diasah. Mereka harus bisa membuat bagaimana caranya pasir yang sangat halus tersebut menjadi suatu istana kecil yang dapat berdiri dengan tegak.

Untuk mempermudah mereka dalam membuat istana tersebut, anda harus menyiapkan beberapa peralatan seperti ember dan sekop. Jangan lupa membawa baju ganti untuk mereka karena saat baju mereka akan sangat kotor karena permainan tersebut..

Berenang di sungai air payau

Di pantai, anda dilarang untuk berenang karena ombak pantai yang berbahaya. Jadi untuk anda yang ingin berenang, anda dapat pergi ke sungai air payau. 

Sungai ini terletak di dekat Pantai Bantol. Untuk lokasi yang tepat, anda dapat bertanya kepada penduduk lokal yang ada di sana.

Kata masyarakat setempat, sungai ini dapat dikonsumsi. Hal ini dikarenakan air sungai yang sangat bersih.

Kuliner

Banyak warung yang terletak di pinggir pantai. Mayoritas dari mereka menjual olahan makanan yang berbahan dasar udang lobster. udang lobster yang dijual pun jenisnya sangat beragam. Ragam lobster tersebut meliputi lobster warna, lobster macan, dan lobster kembang.

Harga yang ditawarkan di pantai ini tergolong cukup terjangkau. Harga termahalnya adalah jenis lobster macan. Patokan harga lobster tersebut sekitar Rp80.000,00 hingga Rp110.000,00 per kilo.

Kualitas lobster yang dijual di sana sangat baik. Mereka menjual lobster yang fresh hasil tangkapan nelayan kemarin loh.

Penginapan

Karena wilayahnya yang masih dikelilingi hutan, belum ada penginapan yang dekat dari pantai bantol. Bahkan, untuk penginapan terdekatpun, anda perlu melakukan perjalanan hampir sama seperti anda melakukan perjalanan kea rah malang, yaitu sekitar 1 jam 42 menit.

Penginapan tersebut berupa homestay. Namanya adalah Pondok Bamboe. Harga yang dipatok mulai dari Rp240.000,00 per malamnya.

Tinggalkan komentar