Pantai Goa Cina : Lokasi, Rute, HTM, Daya Tarik, Fasilitas, Penginapan

sumber: instagram.com

Malang adalah salah satu kawasan penghasil pantai terbanyak. Pantai-pantai disana memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya Pantai Goa Cina.

Pantai ini memiliki ciri khas yang sangat banyak. Mayoritas, para wisatawan mengenal Pantai Goa Cina tentang cerita mistisnya. Namun, banyak pula dari mereka mengunjungi pantai ini karena keindahan alamnya.

Tak hanya itu, di Pantai Goa Cina anda dapat melakukan beragam kegiatan yang tidak dapat anda lakukan di Pantai Jolangkung.

Daftar isi artikel :

  1. Rute dan lokasi
  2. Sejarah
  3. Harga tiket
  4. Fasilitas
  5. Pemandangan
  6. Kegiatan di pantai
  7. Kuliner
  8. Penginapan

Rute dan lokasi

Akses yang akan anda lalui tergolong mudah namun memerlukan kewaspadaan. Hal ini dikarenakan banyaknya tikungan tajam yang akan anda lalui. Untuk lokasi tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Sumber Manjin Wetan, Malang Jawa Timur.

Anda dapat mengunjungi Pantai Jolangkung terlebih dahulu sebelum anda pergi ke Pantai Goa Cina.

Kedua pantai ini hanya tersekat oleh Jalan Jembatan Bajul Mati. Jembatan yang memiliki susunan arsitek yang sangat indah dan khas. Di tengah jembatan, terdapat tiang yang melengkung dengan posisi membujur.

sumber: hargatiket.net

Jembatan ini berada di atas muara laut. Terdapat dua jalur dalam jembatan dengan panjang jembatan sekitar 80 meter dan lebar sekitar 20 meter.

Pantai ini berjarak cukup jauh dengan Kota Malang. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam 6 menit. Dengan waktu tempuh yang sedemikian jauh, lelah anda akan terbayar akan pengetahuan sejarah anda yang bertambah dan pemandangan alam dambaan setiap wisatawan.

Sejarah

Nama asli dari Pantai Goa Cina adalah Pantai Rowo Indah. Pantai ini berubah nama karena goa karang yang terdapat di sekitar pantai.

Konon katanya, sekitar 20 tahun yang lalu, terdapat pertapa cina yan mati di dalam goa. Pertapa tersebut bernama Hing Hook. Pertapa ini menghabiskan semasa hidupnya untuk bersemedi dalam goa.

Cerita ini diceritakan oleh masyarakat dari mulut ke mulut.jadi, untuk kebenaran ceritanya sendiri tidak ada yang tahu pastinya.

Harga tiket

Untuk tiket masuknya sendiri, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00 per orang. Baik dewasa maupun kecil akan dikenakan harga yan sama. Untuk anda yang ingin melakukan liburan akhir pecan, anda tidak perlu khawatir akan terjadinya kenaikan harga. Patokan hara tersebut berlaku untuk hari apapun

Untuk anda yang membawa kendaraan, anda juga akan dikenakan tiket parkir sebesar:

Jenis KendaraanHarga
Sepeda motorRp2.000,00
MobilRp5.000,00
BusRp10.000,00

Fasilitas

Pantai ini memberikan fasilitas yang lebih lengkap dari pantai-pantai pada umumnya. Macam-macam fasilitas yang ada di pantai yaitu:

  • Masjid Jabal Nur
  • Toilet
  • Musholla
  • Warung
  • Sewa Tenda
  • Sewa tikar

Pemandangan

sumber: instagram.com

Pasir menghantar dengan sangat luasnya. Membuat anda merasa sangat ingin untuk berjalan-jalan. Air yan biru dengan ombak laut yang begitu indah akan tampak dalam pandangan anda. Karang berjejer akan menambah kesan indah.

Terdapat pula fenomena yang tidak ada di pantai selatan lainnya. Fenomena ini adalah fenomena yang sangat langkah. Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Ombak ini terjadi karena gelombang yang bertabrakan dari tiga arah sekaligus, yaitu arah selatan, timur, dan barat.

Ombak tersebut bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Fenomena ini membuat suara gemuruh yang terjadi berbeda dengan pantai lainnnya. Suasana gemuruhpun akan berbeda.

Kegiatan di pantai

Tidak seperti pantai lain yang menyediakan wahana airnya, wisata Pantai Goa Cina lebih ke wisata mistisnya. Namun, bukan hanya itu di sini juga terdapat beberapa kegiatan yang tidak dapat dilakukan di pantai lainnya. Beberapa kegiatan tersebut yaitu:

1. Berkunjung ke Goa Cina

sumber: inindonesiaku.wordpress.com

Goa Cina merupakan goa yang dipercaya oleh masyarakat memiliki kekuatan mistis. Bahkan beberapa orang yang sedang berkemah biasanya melihat sosok penampakan ada di goa ini. Penampakan itu terlihat dengan sangat jelas padahal jarak antara goa dengan pantai sejauh 50 meter.

Hal tersebut membuat banyak orang percaya akan kekuatan mistis tempat ini. Bahkan banyak pula dari mereka bertapa di tempat ini saat hari menjelang malam untuk  mencari pesugihan.

Jika anda ingin ke dalam goa, terdapat beberapa syarat yan harus anda patuhi, yaitu:

  • Wanita tidak boleh sedang haid
  • Tidak boleh berbicara kotor

Berhati-hatilah saat anda berada di oa. Suasana yan ada di goa sangat gelap.

2. Piknik menggunakan jasa sewa tikar

Anda dapat menyewa tikar yang ada di pinggir pantai. Penyewaan tersebut dilakukan oleh masyarakat lokal yan tinggal di dekat pantai.

Setelah anda menyewa tikar tersebut, anda dapat membawa tikar tersebut ketempat yang anda inginkan. Anda dapat gunakan fasilitas ini untuk anda yang ingin bersantai dan menyantap bekal makanan bersama keluarga.

3. Piknik di atas karangg

Jika anda bosan dengan piknik yang biasa anda lakukan, anda dapat mencoba piknik dengan suasana baru. Piknik ini dilakukan di atas karang.

Tak hanya suasana baru saja yan anda dapatkan, anda juga akan menghemat sebesar biaya jasa sewa tikar.

4. Mencari kerang dan ikan saat surut

kerang dan ikan akan bermunculan dipermukaan pantai. Anda dapat mengajak anak-anak untuk lebih mengenal alam sekitar dengan mengajaknya untuk mencari kerang dan ikan.

Hal ini akan membuat mereka belajar lebih banyak tentan ekosistem yang ada di laut. Tak hanya itu, hasil yang anda kumpulkan tersebut dapat dibawa pulang dan dimasak.

5. Berkemah

Karena Pantai goa Cina merupakan yang dapat digunakan untuk piknik, pantai ini dibuka selama 24 jam. Untuk anda yang ingin berkemah di sini anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Bahkan untuk anda yang melakukan kemah secara mendadak dan tidak melakukan persiapan, di sini jua terdapat sewa tenda.

Sewa tenda dipatok mulai hara Rp100.000,00. Harga ini disesuaikan oleh besar tenda yang akan disewa.

Kuliner

Rekomendasi makanan pantai pasti akan sealu tentang olahan hasil lautnya. Sama halnya dengan di pantai ini. Anda dapat menikmatinya hanya denan berjalan kaki ke warung yang terdapat di pinggir pantai. Harga yang ditawarkan akan jauh lebih terjangkau daripada restoran seafood di tengah kota.

Penginapan

  • Villa Asmara Hills

Harga               : Rp600.000,00 /kamar

Jarak                : 4,1 km

Waktu tempuh : 16 menit

Fasilitas             : 3 kamar dengan kamar mandi dalam, welcome drink (2 orang), sarapan (2 orang)

  • Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Harga              : Rp300.000,00 – Rp400.000,00 (weekday), Rp350.000,00 – Rp450.000,00 (weekend)

Jarak                : 5,4 km

Waktu tempuh : 11 menit

Fasilitas             : AC, TV, kamar mandi dalam, ruang televise, dapur, area parkir, kopi dan teh, dll

  • Ariesta Homestay

Harga              : Rp159.000,00 – Rp530.000,00

Jarak                : 5,5 km

Waktu tempuh : 11 menit

Fasilitas             : parkir luas, 3 tipe kamar (hanya kipas, ber-AC, dan ber-AC+family room), kamar mandi luar

Tinggalkan komentar