Pantai Jolangkung : Lokasi, Rute, HTM, Fasilitas

sumber: instagram.com

Malang merupakan kota yang memiliki pariwisata yang sangat lengkap. Tak hanya pariwisata buatan, di sini terdapat pariwisata alam juga. Terdapat banyak wisata hutan bahkan ada pula wisata pantai.

Wisata pantai yang ada di Malang tersebar di Kabupaten Malang daerah selatan. Seperti yang dipercaya masyarakat sekitar, pantai selatan biasanya memiliki ombak yang sangat besar. Salah satunya adalah Pantai Jolangkung.

Daftar isi artikel :

  1. Rute dan lokasi menuju Pantai Jolangkung
  2. Sejarah
  3. Harga tiket
  4. Fasilitas
  5. Kegiatan di pantai
  6. Pemandangan
  7. Kuliner
  8. Penginapan

Rute dan lokasi menuju Pantai Jolangkung

Akses jalan yang ada di Pantai Jolangkung terbilang sangat mudah. anda dapat menempuh perjalanan ini dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Letak pantai ini tepatnya berada di Gajahrejo Gedangan, Malang, Jawa Timur.

Jika anda berada di Kota Malang, untuk sampai di sana anda harus berada di Jalan Gatot Subroto terlebih dahulu. Setelah itu, anda hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalan hingga di pertigaan Jalan Adi Mulya.

Di pertigaan Jalan Adi Mulya, anda dapat memilih 2 rute. Rute pertama, anda dapat melewati Jalan Raya Tambak Rejo atau belok kiri. Jika anda mengikuti rute ini, perjalanan anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 4 menit.

Untuk rute kedua, anda dapat melewati Jalan Raya Karangduren. Jika anda melewati jalan ini, anda akan membutuhkan waktu perjalanan lebih banyak, yaitu sekitar 2 jam 11 menit.

Anda dapat memilih rute mana yang ingin anda tempuh. Rute tersebut memiliki selisih waktu yang sedikit. Untuk informasi rute yang lebih akuratnya, anda dapat melihat di aplikasi google maps.

Sejarah

Jika karena namanya anda berpikir bahwa sejarah dari Pantai Jolangkung adalah tentang mistis, anda salah. Sejarah dari Pantai Jolangkung tidak ada kaitannya sama sekali tentang mistis.

Nama jolangkung sendiri berasal dari bahasa jawa, yaitu “ojo liwat”. Kata ini memiliki arti jangan lewat.

Konon katanya, dahulu pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Bahkan saat laut sedang pasang, ombak yang ada di pantai akan sampai hingga ke jalan raya. Hal ini mengakibatkan jalan raya di sana tertutupi oleh air.

Untuk memperingatkan para pengguna jalan yang akan melintasi jalan raya depan pantai ini, para masyarakat selalu bilang “jolangkung” atau yang artinya jangan lewat.

Untuk selalu memberi peringatan tersebut, hingga akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Jolangkung atau lebih sering dikenal dengan nama Pantai Jelangkung.

Harga tiket

Untuk melihat sendiri pesona Pantai Jolangkung yang terletak di ombak besarnya itu, anda tidak akan dipungut tiket masuk atau gratis.

Mungkin, anda hanya akan membayar tiket parkir saja jika anda membawa kendaraan pribadi.

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan di pantai ini pun cukup lengkap, yaitu:

  • Toilet
  • Terdapat warung di sekitar pantai
  • Terdapat parkiran yang sangat luas

Kegiatan di pantai

Di sini, anda dilarang untuk berenang. Hal ini dikarenakan ombak pantai yang sangat besar dan berbahaya. Anda hanya dapat bermain di pinggir pantai dengan tetap berhati-hati.

Di sini belum terdapat pengawasan yang ketat, jadi tetap awasi keluarga anda yang sedang bermain.

Pemandangan

sumber instagram.com

Pemandangan yang sangat menakjubkan akan dapat anda saksikan bahkan sebelum anda sampai di pantai. Saat dalam perjalanan, anda akan melihat pemandangan pantai dari atas. Terlihat dengan sangat jelas bahwa pantai tersebut dibentengi oleh perbukitan yang terdapat di bagian kiri dan kanan pantai.

Ombak pantai akan terlihat sangat besar. Pemandangan ini akan membuat anda takjub sekaligus takut. Namun, berbeda halnya saat anda berada di dekat pantai. Ombak akan terlihat lebih tenang daripada sebelumnya.

Tak hanya itu, anda akan melihat karang yang terhantar mengelilingi pantai. Karang ini memiliki panjang sekitar 300 meter dengan tinggi sekitar 50 cm.

Karang-karang tersebut akan terlihat sangat cantik. Terlebih saat terdapat ombak besar yang menghantar karang-karang tersebut.

Kuliner

untuk kulinernya sendiri, anda dapat merasakan masakan warung-warung yang terdapat di dekat pantai. Anda akan merasakan makan dengan pemandangan ombak yang sedang menghantar karang.

Penginapan

Penginapan terdekat yang ada di pantai ini adalah Villa Asmara Hills. Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama 16 menit saja. perjalanan ini mengharuskan anda untuk melewati Jalan Jembatan Bajul Mati.

Untuk penyewaannya sendiri, anda akan dikenakan biaya Rp600.000 permalam untuk satu kamar. Terdapat 3 kamar dalam villa dengan di lengkapi kamar mandi dalam.

Pemandangan yang disajikan pun sangat indah. namun, kekurangannya adalah anda akan merasakan kesepian di tengah bukit saat malam hari.

Jadi, jika anda ingin menginap sebaiknya bersama teman atau keluarga.

Tinggalkan komentar