Pantai Jonggring Saloko : Lokasi, Rute, HTM, Fasilitas

sumber: instagram.com

Pantai Jonggring merupakan pantai yang memiliki sejarah di dunia perwayangan. Tak hanya itu, pantai ini pun memiliki suatu fenomena alam satu-satunya yang ada di dunia.

Di dalam sejarah perwayangan disebutkan bahwa fenomena dari pantai ini disebabkan oleh dewa yang menjelma sebagai manusia.

Sejarah ini meningkatkan minat para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, bahkan wisatawan luar negeri pun berbondong-bondong mengunjungi tempat ini untuk melihat sendiri fenomena tersebut.

Walaupun seperti itu, mereka yang memiliki minat ke surga terpendam ini mayoritas akan berpikir ulang. Hal ini dikarenakan rute yang ditempuh sungguhlah sulit.

Pembahasan pada artikel tersebut meliputi:

  1. Rute dan lokasi
  2. Sejarah
  3. Harga tiket
  4. Fasilitas
  5. Kuliner
  6. Pemandangan
  7. Penginapan

Rute dan lokasi

Pantai Jonggring Saloko tepatnya terletak di Desa Mentaram, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa timur. Sama seperti pantai-pantai Malang lainnya, pantai ini terletak di daerah selatan.

Jika anda berada di Kota Malang, anda membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 jam 13 menit dengan jarak tempuh sekitar 70 km.

Berbeda halnya dengan saat anda berada di Blitar, anda akan membutuhkan waktu yang lebih singkat. Hal ini dikarenakan jarak tempuhnya yang semakin dekat. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Untuk rute yang lebih jelasnya, anda dapat melihatnya di aplikasi google maps.

Bedanya dari pantai lainnya adalah terletak di tingkat kesulitannya untuk mencapai di sana. Kesulitan yang pertama kali anda lalui adalah jalanan aspal yang berlubang. jalan ini juga naik turun. Jalanan seperti ini akan anda lalui padahal masih jauh dari pantai.

Untuk kesulitan tertinggi terletak sekitar 9 menit menuju pantai. Anda akan melewati jalanan setapak di tengah hutan belantara. Jalanan ini masih berupa pasir dan bebatuan. Di samping anda akan terdapat jurang yang lumayan curam.

Anda akan merasakan jalur ekstrim tersebut selama kurang lebih 15 menit.jangan menggunakan kecepatan tinggi

Sejarah

Diambil dari cerita pewayanan, Pantai Jonggring Saloko merupakan tempat tingal dari Batara Narada atau biasa di kenal dengan nama Sanghyang Kanwaputra.

Alkisah, Pantai Jonggring Saloko diambil dari nama Khayangan Jonggring Saloko. Tempat ini digunakan untuk bersemedinya Sanghyang Kanwaputra.

Ia bersemedi di dengan menggenggam sebuah cepu. Cepu tersebut sangatlah indah. Sinar tapa dan sinar cepu tersebut menjadi pelangi yang menghadap tegak lurus ke angkasa. Sinar ini dikenal dengan nama TEJA. Sinar ini menghemparkan seluruh penghuni Khayangan.

Hal tersebut membuat Batara Sambu membangunkan Sangghyan Kanwaputra untuk menanyakan siapa dan apa hajadnya.

Sanghyang Kanwaputra pun menjelaskan bahwa ia ingin menjadi penasehat dewa. Anak-anak dewa mengejeknya karena merasa tidak mungkin. Sanghyang Kanwaputra pun melanjutkan semedinya dan mengacuhkan anak-anak dewa tersebut.

Karena merasa diacuhhkan, Batara Sambu dan adik-adiknya, selain Batara Wisnu membangunkan paksa Sanghyan Kanwaputra dari semedinya.

Sanghyang Kanwaputra pun marah besar dan dan ia menghempaskan mereka semua.

Batara Guru pun turun untuk mengetes langsung Sanghyang Kanwaputra. Tak disangka, ternyata dia adalah sepupunya sendiri. Ia pun langsung dijadikan penasehat dewa.

Harga tiket

Untuk tiketnya sendiri, anda tidak akan diminta biaya sama sekali atau gratis. Hal ini dikarenakan tidak terdapatnya pengurus pantai yang menjaga.

Namun, dilihat dari fasilitas yang ada, sepertinya dahulu di sana memiliki pengurus pantai. Mereka tidak menjadi pengurus pantai lagi karena kurangnya pengunjung di pantai ini. Tak hanya itu, untuk mereka dapat ke pantai pun membutuhkan tenaga dan kesulitan akses jalannya.

Namun, untuk parkir masih ada, dipungut sekitar:

KendaraanHarga
MotorRp5.000,00
MobilRp10.000,00

Fasilitas

Walau sepi pengunjung, fasilitas yang disediakan pun cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Fasilitas-fasilitas ini meliputi:

  • Musholla
  • Toilet
  • Parkir luas
  • Warung (warung biasanya tidak buka. Jadi lebih baik anda membawa makanan saja dari rumah agar tidak merasa kelaparan di sana)

Pemandangan

Seperti pantai lainnya, anda akan melihat pemandangan ombak yang besar sesuai dengan ciri khas dari pantai selatan. Air yang sangat jernih dengan warna biru yang sangat khasnya. Bahkan karena airnya yang terlalu jernih, anda dapat melihat terumbu karang di dasar laut dengan sangat jelasnya.

Semakin menarik lagi, karena pantai ini yang sangat jarang dikunjungi wisatawan, pantai ini masih sangat terjaga dan alami. Ekosistem laut juga masih sangat seimbang.

Pemandangan khas di pantai ini adalah pemandangan air yang terdapat di dalam karang yang sangat cantik dan tidak dapat surut.

Saat perjalanan dari Pantai Jonggring Saloko ke Pantai Ngebros, anda akan melihat pemandangan laut dari atas bukit. Akan terlihat ombak yang sangat besar dengan warna biru yang dangat menawan.

Tak hanya itu, jika anda berkunjung ke pantai ngebros, anda akan melihat keindahan alam gebrosan air yang terjadi di dalam terumbu karang. Gebrosan ini terjadi saat ombak pantai yang sangat besar menatap terumbu karang hingga air ombak masuk ke terumbu karang. Karena terdapat tekanan yang sangat kuat, air tersebut akan dikeluarkan lagi ke atas dari cela-cela terumbu karang.

Jika anda beruntung, anda akan dapat melihat pelangi yang sangat indah hasil dari permbiasan cahaya matahari ke gebrosan air tersebut. Pemandangan ini lah yang sangat ditunggu oleh para wisatawan.

Kuliner

Anda dapat mencicipi makanan yang dijual oleh warung di dekat pantai. Namun, karena kurangnya pengunjung, warung-warung tersebut sering tutup.

Jadi, untuk anda yang ingin berwisata ke sana lebih baik anda menyiapkan bekal. Anda dapat melakukan piknik sederhana di pinggir pantai dengan pemandangan yang indah.

Penginapan

Karena lokasi Pantai Jonggring yang sangat tidak strategis, belum terdapat penginapan di dekat sana. Bahkan untuk penginapan terdekat sendiri, membutuhkan waktu yang sangat lama.

Jadi, tidak saya rekomendasikan untuk melakukan menginap di pantai ini.

Tinggalkan komentar