Pantai Karanggongso

sumber: instagram.com

Pantai Karanggongso adalah salah satu pantai pasir putih di Daerah Trenggalek. Pantai ini sering disebut juga dengan Pantai Nelayan. Hal ini dikarenakan pantai ini digunakan para nelayan untuk mencari ikan di laut.

Pantai Karanggongso Trenggalek berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai satu ini juga memiliki pesona alam yang tidak kalah dengan pantai yang ada di Trenggalek lainnya.

Rute

Anda dapat menempuh rute ini dengan menggunakan berbagai kendaraan, baik motor, mobil, ataupun bus. Rute yang ditempuh pun tergolong aman. Jalan yang dilewati juga luas.

Jika anda berada di Kabupaten Trenggalek dan ingin ke Pantai Karanggongso, anda hanya perlu melakukan perjalanan sejauh kira-kira 42 km atau sekitar 70 menit.

Agar perjalanan anda lebih nyaman, anda dapat menggunakan aplikasi google maps untuk penunjuk jalannya. Jika anda tersesat, jangan segan-segan untuk bertanya kepada masyarakat sekitar.

Saat anda ke sana, anda dapat mengunjungi wisata pantai lainnya yang ada di dekat sana. Salah satunya adalah Pantai Prigi. Untuk mencapai Pantai Prigi anda hanya memerlukan 10 menit perjalanan dari Pantai Karanggongso atau sekitar 3,4 km. sangat disayangkan jika anda mengunjungi Pantai Karanggongso tanpa mengunjungi Pantai Prigi juga, karena keindahan yang ditawarkannya tak kalah menarik.

Harga tiket

Harga tiket masuknya pun masih relatif murah, yaitu:

DewasaRp10.000,00
Anak-anakRp8.000,00

Harga tersebut belum termasuk harga tiket parker. Harga tiket parkirnya pun bervariasi, yaitu:

Jenis kendaraanHarga
Sepeda motorRp2.000,00
MobilRp5.000,00
BusRp25.000,00 – Rp30.000,00

Untuk harga sewa kapalnya sendiri, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00

Fasilitas

Dengan harga yang masih terjangkau, anda akan diberikan fasilitas yang lebih lengkap dari pada pantai-pantai yang lain. Fasilitas-fasilitas tersebut yaitu:

  • Musholla
  • Kamar mandi umum
  • Toilet umum
  • Tempat parkir yang luas
  • Toko penjual ikan segar
  • Toko penjual makanan
  • Jasaa sewa perahu
  • Wisata air lainnya

Pemandangan

Saat pagi hari, anda akan disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat indah. Langit akan memerah pertanda akan munculnya matahari. Anda dapat menikmati pemandangan tersebut diikuti dengan terpaan angin yang semilir dan suara ombak yang bergemuruh. Suasana seperti ini lah yang akan membuat anda merasa sangat nyaman dan tenang.

Jika anda berangkat di siang hari, jangan khawatir. Anda dapat menyaksikan pemandangan yang sama saat menjelang maghrib. Peristiwa ini biasa dikenal dengan istilah sunset. Berbeda dengan sunrise, sunset dapat anda lihat di langit bagian selatan. Pemandangan ini biasanya jauh lebih indah dari pada pemandangan sunrise.

Pantai akan sangat ramai jika hari libur. Jadi, jika anda menginginkan suasana sunyi dan menenangkan, anda dapat ke sana pada hari-hari biasa.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai

sumber: instagram.com

Deburan ombak di pantai ini tergolong kecil. Sangat aman jika anda ingin berenang di pantai. Saran dari saya, saat anda berenang, anda harus memakai pakaian yang nyaman.

Saat ombak besar, nelayan akan menyewakan perahunya kepada para wisatawan yang ingin berkeliling di sekitar pantai. Tak hanya itu, para wisatawan juga dapat menikmati waana air lainnya seperti snorkeling dan banana boot. Untuk banana boot, dipatok dengan harga Rp30.000,00 per orang.

Banyaknya nelayan yang ada di Pantai Karanggongso dapat dimanfaatkan untuk wawancara atau hanya bertanya seputar pengetahuan tentang nelayan. Para murid biasanya harus mewawancarai salah satu nelayan untuk dijadikan sebuah laporan hasil kerjanya.

Kuliner

Untuk anda yang akan melakukan perjalanan ke pantai karanggongso, anda akan menemukan lapak durian di sepanjang jalan. Anda wajib mencoba bagaimana rasa durian khas Karanggongso ini.

Tidak ada harga patok untuk durian, jika anda membeli saat musim durian, harganya akan lebih murah dari biasanya. Untuk kisarannya sendiri kemungkinan harga tersebut sekitar Rp25.000.

Untuk makanannya sendiri, anda perlu mencicipi penjual makanan di sekitar pantai tersebut. Makanan yang dijual pun beragam. Namun, mayoritas makanan yang diolah berbahan dasar ikan.

Sebagian dari wisatawan merasa kurang jika pulang tidak membawa oleh-oleh. Untuk oleh-olehnya, anda dapat membeli ikan-ikan segar di lapak penjual ikan segar yang juga ada di dekat lapak penjual makanan. Ikan yang dijual sangat beragam, seperti ikan kakap, ikan tengiri, cumi-cumi, dll.

Harga di setiap lapak tidak sanma. Jadi, jika anda ingin membeli ikan ataupun makanan, anda harus mencobanya ke lapak lain untuk mendapatkan harga yang sesuai. Anda juga dapat melakukan tawar menawar dengan penjualnya agar harga yang anda dapatkan semakin murah.

Penginapan

Terdapat banyak homestay di sekitar sana. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dengan fasilitas yang bervariasi pula. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda dapat bertanya kepada para penjual di sana.

Namun, jika anda ingin melakukan camping, anda juga bisa melakukannya di pantai ini tanpa dikenakan tarif apapun. Kelebihan dari camping di sana adalah anda tidak perlu khawatir bahwa anda akan merasa kelaparan. Hal ini karena terdapat banyak penjual makanan yang buka selama 24 jam.

Tinggalkan komentar