Pantai Kebo Ngulungwetan : Lokasi, Rute, HTM, Fasilitas

sumber: instagram.com

Pantai Kebo Ngulungwetan adalah pantai yang sangat hits akhir-akhir ini. Pantai ini masih sangat asri. Tebing yang sangat hijau terlihat dari bibir pantai. Tak hanya itu, air lautnya juga masih jernih.

Seperti namanya (Pantai Kebo), pantai ini digunakan masyarakat sekitar untuk mengembala kerbau peliharaan mereka. Setiap pagi hari, mereka akan membawa kerbau di pesisir pantai agar kerbau tersebut dapat makan tumbuhan di sana. Menjelang sore hari, masyarakat akan membawa kerbau kembalaan mereka untuk pulang ke kandang masing-masing.

Jika anda rindu akan suasana desa, tempat ini adalah salah satu rekomendasi untuk anda kunjungi.

Pembahasan yang ada di artikel ini :

  1. Lokasi
  2. Rute
  3. Pemandangan
  4. Harga tiket
  5. Fasilitas
  6. Kuliner
  7. Penginapan

Lokasi

Pantai Kebo Ngulungwetan terletak di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Anda hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 64 km atau membutuhkan waktu selama kurang lebih  2 jam.

Anda dapat menempuh perjalanan tersebut  menggunakan kendaraan roda 2 maupunn roda 4. Jalanan yang dilewati cukup luas. Namun saat akan menuju ke sana, pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik-baik saja, terutama bagian ban dan rem kendaraan.

Rute

sumber: instagram.com

Rute yang ditempuh tidaklah mudah. Anda harus bersabar saat melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan jalanan dari Kabupaten Trenggalek hingga Kecamatan Munjungan sangat berlubang, menanjak, dan berliku-liku.

Namun, saat setiba di atas, anda akan dimanjakan oleh pemandangan pantai kebo ngulungwetan dari atas tebing. pemandangan ini hanya akan dapat anda nikmati dikala tertentu saja.

Pemandangan

sumber: instagram.com

Terlihat berjejeran pohon kelapa menambah suasana seperti anda sedang di luar negeri. Tak hanya itu, pantai yang belum tercemar, pasir pantai yang berwarna putih, dan kerbau di pesisir pantai akan membuat anda merasakan suasana desa yang sesungguhnya.

Spot foto akan sangat instagramable jika anda mengunjunginya saat musim kemarau. Pemandangan dari tebing akan sangat terlihat jelas. Berbeda halnya  saat musim penghujan, pemandangan laut dari atas tebing  akan tertutupi oleh kabut. Oleh karena itu, pantai ini akan sangat ramai pengunjung saat musim kemarau saja.

Jika anda menatap ke utara, pemandangan yang disuguhkan adalah tebing yang tinggi dan asri. Saat anda menatap ke selatan, anda akan disuguhkan pantai yang sangat mempesona. Angin yang semilir dengan suara ombak yang bergemuruh akan membuat hati anda tenang dan merasa nyaman.

sumber: instagram.com

Pantai Kebo juga sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin melakukan camping di pinggir pantai. Walaupun pantai ini tidak menyuguhkan pemandangan sunrise seindah di pantai lainnya namun tepi pantai ini memiliki panjang dari bibir pantai yang diperkirakan hingga 800 meter dengan luas 9 ha.

Jika anda ingin melakukan camping  di sini, anda disarankan  mempersiapkan kebutuhan camping dari rumah saja. hal ini dikarenakan kawasan ini terbilang sangat sepi saat malam hari

Jika cuaca tidak mendung, pemandangan malam akan tersuguh dengan sangat indah. Bintang dan bulan akan terlihat dengan jelas. Udara yang semilir dipadukan dengan hangatnya api unggun akan memberi kesan tersendiri pada tubuh. Suasana seperti ini sangat cocok untuk berkumpul dan berbagi cerita dengan teman-teman anda.

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuknya sendiri, dipatok dengan harga Rp5.000,00. Orang dewasa dan anak-anak dipatok dengan harga yang sama. Hari libur nasional ataupun hari biasa juga di patok dengan harga yang sama. Sangat murah bukan untuk dapat menikmati pesona pantai ini?

Untuk tiket parkir kemungkinan dipatok dengan harga sekitar Rp2.000,00 untuk kendaraan roda 2 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda 4 seperti di pantai-pantai lainnya.

Fasilitas

Dengan harga yang murah, fasilitas yang disediakanpun cukup lengkap, yaitu:

  • Parkir
  • Kamar mandi
  • Toilet umum
  • Musholla

Kuliner

Jika anda ke sini, anda wajib mencoba bakso di Dapoer Guayeng “BAKSO” Pantai Kebo. Tempat ini terletak di Tengahan, Ngulungwetan, Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Untuk alamat yang lebih lengkapnya, anda dapat melihat di google maps. Untuk informasi yang lain, anda dapat menghubungi +6281335648699.

Penginapan

Masih belum terdapat penginapan di sekitar Pantai Kebo Ngulungwetan. Hal ini dikarenakan akses jalan yang masih sulit dan terletak di balik bukit. namun, anda dapat melakukan kemah di sana dengan teman-teman anda.

Namun jika anda ingin menginap, penginapan yang paling terdekat dari pantai ini adalah Hotel Ratu. Hotel ini terletak di Jalan Raya Lintas Selatan, Karang, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek. perjalanan yang di tempuh sekitar 42 menit  dari pantai.

Hotel Ratu mematok harga mulai dari Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00 per malam. Kamar yang disediakan pun cukup besar. Sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang melakukan liburan keluarga.

Namun, jika anda sedang liburan sendiri anda dapat mengunjungi penginapan purna. Penginapan ini memasang harga yang murah. Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap. Fasilitas ini berupa kamar tidur dengan single bad. Kamar mandi yang ada di penginapan juga berada di luar. Namun, masih terdapat parkir yang cukup luas. Harga per kamar dipatok mulai Rp40.000 hingga Rp80.000. Apakah anda tertarik menginap di sana?

Tinggalkan komentar