Pantai Kili-kili

sumber: instagram.com

Pantai Kili-kili Trenggalek dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pantai ini sangat ramai pengunjung saat liburan ataupun hari-hari biasa. 

Bukan hanya tentang keindahan alam saja, pantai ini juga dapat digunakan untuk wisata belajar. Terdapat penangkaran penyu di sana. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Lokasi dan Rute

Lalu, dimanakah letak pantai tersebut? Pantai ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Untuk sampai di sana kamu hanya perlu berjalan sekitar 75 km atau sekitar 2,5 jam dari stasiun Tulungagung. Dari stasiun Tulungagung, anda perlu berjalan ke utara hingga ada perempatan.

Saat di perempatan, anda belok ke barat hingga pertigaan. Setelah itu, belok ke selatan. Anda hanya perlu mengikuti arah sungai hingga PINKA.

Untuk rute yang ditempuh selanjutnya, anda dapat membuka aplikasi google maps di gadget. Di aplikasi tersebut terdapat 2 rute yang berbeda, melewati Kabupaten Trenggalek atau tidak. Saran saya, agar lebih cepat anda pilih yang tidak melewati Kabupaten Trenggalek.

Jika ada masalah dengan kendaraan anda di dekat pantai, terdapat bengkel di sekitar sana. Bengkel tersebut bernama Chikaspeed.

Tiket masuk

Untuk tiket masuk ke dalam pantai tergolong cukup murah, yaitu :

WeekdayRp7.500,00
WeekendRp10.000,00

Harga ini hanya untuk tiket masuk. Jika ingin mengadopsi penyu, anda akan dikenakan tarif lain lagi. Untuk parkir, tidak dikenakan tarif sama sekali.

Penangkaran penyu

sumber: instagram.com
sumber: instagram.com

Terdapat 7 jenis penyu yang dibudidayakan di sana. Spesias dominan yang ada di sana adalah penyu lekang (lepidochelys olivace ). Selain itu, terdapat pula penyu lainnya seperti penyu hijau (chelonian mydas), penyu sisik (eretmochelys imbricate), penyu belimbing (dermochelys coriacea), dll.

Penyu-penyu ini dikembangbiakkan di rumah yang didesain terbuka. Di dalamnya terdapat banyak kolam. Kolam tersebut diisi dengan air untuk tempat tinggal penyu. Di dalamnya, tempat tinggal penyu digolongkan sesuai dengan jenis penyu masing-masing.

Penangkaran ini dikelola oleh pihak masyarakat sendiri. Mereka menuturkan bahwa tempat ini dapat memberikan uang tambahan mereka. Uang tersebut berasal dari para wisatawan yang ingin melakukan adopsi penyu.

Wisatawan dapat mengadopsi penyu dengan harga yang bervariasi. Harga adopsi dipatok sebesar Rp25.000,00 hingga 250.000 per ekor sesuai dengan usianya. Penyu-penyu yang telah diadopsi tersebut, akan dilepasliarkan pada saat sore hari. Hal ini karena predator lebih banyak saat siang hari daripada saat malam hari.

Harga adopsi:

UsiaHarga
2 bulanRp100.000,00 /4 ekor
4 bulanRp50.000,00 / ekor
1 tahunRp250.000,00 / ekor

Wisatawan yang mengadopsi penyu akan diberi kaos, pin, stiker, boneka penyu, dan sertifikat penghargaan sebagai tanda keikutsertaan dalam mengadopsi penyu. Dananya akan digunakan untuk biaya konservasi penyu.

Pemandangan pantai

Pasir berwarna cokelat terhampar dengan sangat luasnya. Gulungan ombak yang ada di pantai ini tergolong sedang sehingga sangat indah namun tidak berbahaya. Hal ini sangat cocok untuk bermain anak-anak.

Di pinggir pantai terdapat banyak tumbuhan pandan yang menambah keasriannya. terlihat air laut yang berwarna biru dan bersih. Di depannya terdapat pegunungan yang terlihat dengan sangat hijau. Pemandangan yang menyajikan laut sekaligus gunung secara bersamaan. Sangat indah bukan?

Tempat ini sangat cocok untuk berkemah. Suasana sore akan memanjakan mata anda. Sunset akan tersuguh dengan sangat indahnya. Suasana malam dengan bintang dan bulan akan terlihat jelas. Tak hanya itu, saat menjelang pagi anda juga akan dapat menyaksikan detik-detik terbitnya matahari.

Tak hanya tentang keindahan, anda juga dapat berenang di sana. Anda dapat sekaligus belajar tentang ekosistem bawah laut.

Fasilitas

Untuk harga yang tergolong murah, fasilitas yang disajikan pun cukup lengkap yaitu :

  • Kamar mandi air tawar
  • Mushola
  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung makan yang cukup banyak

Kuliner

Saat berada di Pantai Kili-kili sebaiknya anda makan di Rumah Makan Tanjung Pesona. Rumah makan tersebut sangat enak dengan pelayanan yang sangat cepat.

Harga yang sangat pas dikantong dengan pemandangan sawah di depan rumah makan menjadi nilai tambah tersendiri. Rekomendasi makanan saat di sini adalah lodho ayam.

Namun, jika anda ingin yang lain, terdapat pula banyak warung makan dipesisir pantai yang akan menyuguhkan pemandangan langsung ke arah pantai.

Penginapan

Hotel Ratu adalah salah satu rekomendasi penginapan terdekat dari pantai Kili-kili. Hotel ini terletak di Jalan Raya Lintas Selatan, Karang, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Penginapan ini tergolong murah dengan fasilitas yang minimum. Untuk kamar dengan fasilitas AC dikenakan biaya sebesar Rp200.000,00. Untuk kamar dengan fasiitas kipas angin dikenakan biaya hanya sebesar Rp150.000,00.

Namun, untuk kalian yang memiliki budget minimum, penginapan purna menjadi pilihan yang sangat tepat. Penginapan ini menyewakan kamar dengan harga Rp.40.000,00 hingga Rp80.000,00 per malam. Penginapan ini terletak di Panji Nawangkum, RT 11 RW 4, Karang, Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Nah gimana nih? Apakah ada yang tertarik untuk berlibur ke sana?

Tinggalkan komentar