Pantai Konang

sumber: instagram.com

Masih banyak pantai yang belum dikunjungi banyak orang. Salah satunya adalah Pantai Konang. Pantai ini menyimpan keindahan alam di dalamnya. Namun, perjalanan yang kurang memadai membuat para wisatawan berpikir dua kali jika ingin pergi ke sana. 

Pantai Konang menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi  wisatawan yang menyukai selancar. Pantai ini menyajikan ombak yang cukup besar sehingga menjadikan daya tarik lebih untuk para pecinta surfing.

Lalu, dimanakah letak Pantai Konang? Pantai Konang terletak di Sukorejo, Nglebeng, Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Rute

Kondisi jalan yang ditempuh terbilang cukup aman walaupun dengan rute yang berbelok-belok. anda dapat menempuh perjalanan ini dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Sebelum berangkat, anda harus mengecek kembali kondisi rem pada kendaraan anda masing-masing.

Untuk menuju ke sana, anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 56 menit dari Kabupaten Trenggalek. Hanya terdapat satu jalan yang dapat anda tempuh. Anda dapat melakukan rute dengan mengikuti google maps.

Terdapat pantai yang dekat di sana. Pantai itu adalah Pantai Pelang. Pantai ini sangat terkenal baik di kalangan masyarakat lokal ataupun luar kota. Jarak yang ditempuh pun hanya 2 km. Jadi, untuk anda yang akan berkunjung ke Pantai Konang, anda juga dapat sekalian menuju Pantai Pelang.

Harga tiket

Untuk harga tiket masuk hanya dipatok dengan harga:

DewasaRp5.000,00
Anak-anakRp3.000,00

Harga tersebut tidak akan berubah walau anda berkunjung di hari libur nasional.

Harga tiket parkir di pantai konang di patok dengan harga :

Jenis KendaraanHarga
MobilRp5.000,00
MotorRp2.000,00

Fasilitas

Untuk fasilitas yang diberikan lebih banyak dari pantai-pantai pedalaman lainnya, yaitu:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Musholla
  • Kamar mandi umum
  • Toilet umum
  • Rumah makan di pinggir pantai

Pemandangan

sumber: instagram.com

Jika anda telah sampai di pantai konang, anda akan di sambut dengan sebuah tulisan besar yang bertuliskan “Selamat Datang PANTAI KONANG Rumaket”. Mata anda akan langsung di manjakan oleh pemandangan pantai ini.

Pantai masih sangat asri. Pengunjung yang berdatangan pun semakin lama semakin ramai setiap musim liburan tiba.

Hal yang paling indah di pantai ini adalah pemandangan pantai saat terjadi sunset. Langit akan berubah menjadi warna orange. Suasana pantai akan sangat instragamable saat peristiwa ini terjadi. Angin akan berhembus lebih kencang dari pada siang hari. Peristiwa inilah yang selalu di tunggu-tunggu para wisatawan.

Sarana pembelajaran

Anda dapat menggunakan pantai kona sebagai sarana pembeljaran. Di dekat pantai tersebut terdapat desa nelayan. Bahkan mayoritas orang lokal yang ada di pantai adalah berasal dari Desa Nelayan. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mencari tahu informasi seputar ikan kepada ahlinya langsung.

Bunker pengintai peninggalan Jepang

sumber: youtube.com

Tak hanya menyimpan keindahan alam saja, ternyata pantai konang juga memiliki nilai sejarah sendiri. Di dekat Pantai Konang terdapat sebuah bunker (semacam benteng) pengintai peninggalan Jepang. Benteng ini diperkirakan telah digunakan dari tahun 1942 hingga kemerdekaan.

Benteng pengintai yang terletak di pantai selatan terbilang cukup langka. hanya terdapat di 3 daerah, yaitu Trenggalek, Jember Selatan, dan Banyuwangi Selatan. Sebenarnya, ada 2 bunker pengintai di Trenggalek itu sendiri, namun bungker yang satunya hilang karena abrasi pantai.

Bungker pengintai di Pantai Konang tidak di buka untuk wisata sejarah. Bungker ini terletak di kawasan hutan. Jadi jika membukanya untuk wisata, harus ada komunikasi  dengan pihak perhutani. Namun, masih diusahakan agar bunker ini menjadi salah satu wisata sejarah di Indonesia.

Kuliner

Sudah banyak tersedia kuliner di pinggir pantai. Jadi, anda tidak perlu takut akan kelaparan jika mengunjungi wisata ini. Banyak jenis olahan ikan yang dapat anda cicipi di sana. Harganya pun bervariasi. Anda wajib mencobanya karena ikan yang digunakan pun sangat fresh.

Anda juga dapat membeli ikan yang baru didapatkan oleh nelayan. Ikan-ikan tersebut dipatok dengan harga mulai dari Rp25.000,00. Macam-macam ikan yang ada, yaitu:

  • Ikan tongkol
  • Ikan salmon
  • Ikan hiu
  • Cumi-cumi
  • Lobster
  • Dll

Penginapan

penginapan terdekat dari pantai konang adalah Hotel Ratu. Untuk mencapai penginapan ini anda hanya perlu melakukan perjalanan selama 8 menit. Penginapan ini sangat cocok untuk kalian yang melakukan liburan dengan banyak orang. Setiap kamar di patok dengan harga Rp200.000,00 untuk kamar berAC dan harga Rp150.000,00 untuk kamar yang menggunakan kipas angin.

Tinggalkan komentar