Pantai Kondang Bandung : HTM, Rute, Lokasi

sumber: instagram.com

Pantai Kondang Bandung adalah pantai yang hanya dapat dinikmati oleh para petualang. Mungkin anda bisa mencapainya, namun anda harus memiliki fisik yang benar-benar kuat.

Seperti yang diketahui, yang membutuhkan pengorbanan akan terlihat sangat indah jika telah mencapainya. Sama halnya dengan pantai ini, mereka yang dapat sampai akan merasa bangga dan lebih puas menikmati keindahannya.

Mayoritas pengunjung, lebih mengutamakan tantangan yang harus dihadapinya daripada keindahannya. Jika mereka mementingkan keindahan saja, mereka akan lebih memilih pantai dengan pemandangan yang lebih menarik dan memiliki rute yang mudah.

Rute

Sebelum anda melakukan perjalanan ini, anda harus menyiapkan mental dan fisik. Sebaiknya, anda melakukan olahraga selama 3 hari dengan rutin sebelum melakukan perjalanan. Tak hanya itu, anda harus membawa perbekalan yang cukup untuk perjalanan. Hal ini dikarenakan rute yang di tempuh memerlukan waktu yang cukup lama.

Rute terdekat untuk mencapai pantai adalah melewati Donomulyo. Untuk rute menggunakan kendaraan bermotornya, anda dapat melihatnya melewati google maps.

sumber: instagram.com

Setelah sampai di Donomulyo, anda harus memarkirkan kendaraan anda di bawah dan menaiki bukit dengan jalan kaki. Anda harus memperhatikan jalan dengan sangat bersungguh-sungguh karena jalur yang anda lewati sangat curam. Untuk lebih berhati-hati lagi, anda dapat berjalan dengan merangkak agar tidak terpeleset.

Jangan melewati jalan ini saat musim penghujan. Hujan akan membuat perbukitan yang akan anda telusuri semakin licin.

Harga tiket

Saat sampai di pantai, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Bahkan jika anda memutuskan untuk berkemah, anda dapat melakukan sesuka hati. Namun, anda tetap harus waspada karena ombak di pantai sangat besar.

Jadi, lebih baik anda mendirikan tenda sedikit jauh dari air laut.

Pasir pantai

sumber: instagram.com

Keunikan di pantai ini terletak di pasirnya. Pasir pantai ini berwarna hitam legam. Saat pasir ini terkena cahaya matahari, dia akan berwarna hitam dengan mengeluarkan kilauan.

Karena terlampau uniknya, pasir ini mengundang para investor besar baik lokal maupun internasional. Bahkan, pihak Jepang pun tertarik untuk meneliti pasir ini. Tahun 2012 lalu, pihak Jepang membawa sampel pasir dari pantai ini untuk diketahui pasti kandungan di dalamnya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pasir tersebut mengandung mineral opak yang bercampur dengan unsur non logam. Mineral biji pasir tersebut terdiri dari titaniferous magnetit, magnetit, dan hematite. Bahan–bahan tersebut dapat digunakan untuk pembuatan semen.

Pemandangan

sumber: instagram.com

Saat anda sampai di sana, rasa lelah anda akan terbayar dengan keindahan yang anda lihat di depan mata. Kilatan dari pasir pantai membuat Pantai Kondang Bandung sangat menawan.

Deburan ombak seperti memanggil anda agar anda segera bermain air. Namun, harus anda ingat, jangan pernah melepaskan alas kaki anda terutama saat cuaca sedang panas. Kandungan besi di dalam pasir akan menyerap panas dari matahari sehingga dapat membuat kaki anda melepuh seketika jika terkena langsung.

Tak hanya itu, semilir udara akan memanjakan anda. Hal ini akan menenangkan pikiran anda sejenak. Menikmati hari refreshing anda saat liburan ataupun kelelahan karena perjalanan.

Jam Operasional

 Karena pantai ini dapat digunakan untuk melakukan kemah, pantai ini dibuka selama 24 jam. Tidak terdapat penutupan pantai. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak memiliki petugas pantai.

Setiap hari24 jam

Kuliner

Karena letaknya di balik hutan. Bahkan untuk sampai di sana anda harus mendaki bukit, tidak terdapat warung yang buka di sana. Lebih baik anda membawa perbekalan makanan instan yang dapat anda masak saat melakukan perkemahan.

Penginapan

Belum terdapat penginapan di dekat pantai. Jika anda ingin menginap, anda dapat mengunjungi rumah-rumah warga dan bertanya apa anda diperbolehkan jika anda menginap di rumah mereka.

Namun, kebanyakan wisatawan jika memutuskan untuk menginap akan mendirikan tenda di dekat pantai saja.

Tinggalkan komentar