Pantai Kondang Merak : HTM, Fasilitas, Rute, Lokasi

sumber: instagram.com

Jika ditelusuri lebih detail, wisata pantai yang ada di Malang Selatan memang sangat banyak. Salah satunya adalah Pantai Kondang Merak. Pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Balekambang. Namun, Pantai Balekambang sangat hits dikalangan masyarakat sehingga mengurangi ketenaran dari pantai yang satu ini.

Walau tidak terlalu terkenal seperti Pantai Balekambang, pantai ini menawarkan pesona alam yang tak kalah indah. Setiap sudut pantai akan dapat membuat anda terpesona.

Artikel ini berisi :

  1. Rute dan lokasi menuju Pantai Kondang Merak
  2. Sejarah Pantai Kondang Merak
  3. Harga tiket
  4. Jam operasional Pantai Kondang Merak
  5. Fasilitas
  6. Pemandangan
  7. Kegiatan di Pantai Balekambang
  8. Kuliner
  9. Penginapan

Rute dan lokasi menuju Pantai Kondang Merak

Rute menuju Pantai Kondang Merak hampir sama seperti rute menuju Pantai Balekambang. Anda dapat melewati 2 jalur, yaitu jalur gondang legi dan jalur kepanjen. 2 jalur tersebut memiliki perbedaan waktu yang sedikit.

Setelah itu, anda harus menuju ke Bantoer. Di sana akan terdapat pertigaan yang akan membawa anda ke Pantai Kondang Merak ataupun Pantai Balekambang. Anda harus memilih belok ke kanan untuk sampai ke Pantai Kondang Merak.

sumber: instagram.com

Rute anda terbilang cukup mudah. Namun setelah anda sampai di pertigaan antara pantai kondang merak dan Pantai Balekambang anda akan mendapatkan tantangan. Anda akan melewati jalananan yang rusak dan bebatuan. Anda harus menempuhnya selama kurang lebih 30 menit.

Jadi, total waktu perjalanan yang anda butuhkan adalah sekitar 2 jam 20 menit. Lalu dimana tepatnya letak Pantai Kondang Merak? Pantai Kondang Merak tepatnya terletak di Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sejarah Pantai Kondang Merak

Nama ‘Kondang Merak’ berasal dari kata ‘Kondang’ yang artinya muara pertemuan antara air tawar dan air laut. Lalu darimana kata ‘Merak’? Dahulu kala sekitar tahun 1980-an tempat ini digunakan untuk tempat tinggal burung merak. Sehingga diberi nama Kondang Merak

Burung-burung tersebut diburu secara liar hingga mengakibatkan kepunahan. Walau sudah punah, nama pantai tidak diubah agar menjadi kenang-kenangan karena pantai ini pernah dijadikan tempat tinggal burung tersebut.

Harga tiket

Walau pantai ini memiliki nilai estetika yang sangat tinggi, hal itu tidak membuat harga tiket masuk yang di patok menjadi tinggi. Anda hanya memerlukan uang sekitar Rp10.000,00 untuk dapat masuk dan menikmati keindahan alam ini. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk anda yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, anda akan dikenakan biaya tambahan berupa tiket parkir kendaraan. Harga tiket tersebut sebesar :

KendaraanHarga
Sepeda motorRp5.000,00
MobilRp10.000,00

Jam operasional Pantai Kondang Merak

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Pantai Kondang Merak, jangan khawatirkan bahwa pantai akan tutup. Pantai Kondang Merak tidak pernah tutup. Mungkin pantai ini akan tutup hanya saat hari raya saja. Anda dapat ke pantai ini kapan saja dan jam berapapun

24 jam

Fasilitas

Anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat memadai dan memuaskan. Fasilitas-fasilitas ini diharapkan dapat membuat anda merasa nyaman saat berkunjung. Macam-macam fasilitas tersebut meliputi:

  • Toilet
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Parkir
  • Warung

Pemandangan

sumber: instagram.com

Pemandangan di pantai sangat indah. Anda akan dapat melihat 5 bukit karang yang berjejer sekitar 200 meter dari bibir pantai. Bukit-bukit tersebut sangat besar dan menonjol. Hal ini memberikan kesan eksotis pada pantai.

Semilir angin dengan ombak yang tenang akan memberikan ketenangan dalam hati. Walau Pantai Kondang Merak merupakan pantai yang ramai akan pengunjung, namun kebersihan pantai masih sangat terjaga. Hal ini membuat pantai terlihat semakin mempesona.

Namun, pemandangan bawah laut jauh lebih indah dari pada pemandangan daratan. Di bawah laut anda akan melihat banyak terumbu karang yang sangat cantik. Dibalik terumbu karang tersebut akan ada hewan-hewan laut yang bersembunyi. Hewan-hewan tersebut mayoritas berupa hutita kecil, landak laut, mentimun laut, bahkan lobster.

Tak hanya itu anda akan menjumpai berbagai macam kerang di dasar laut. Anda juga akan melihat bagaimana bentuk asli dari spons.

Kegiatan di Pantai Kondang Merak

Memancing

sumber: pegipegi.com

Karena ekosistem bawah laut di Pantai Kondang Merak yang masih sangat terjaga, menjadikan pantai ini masih kaya akan hasil lautnya. Keadaan ini sangat cocok untuk anda pecinta memancing. Anda dapat memancing di pinggir laut. Namun, untuk yang lebih ekstrimnya, anda dapat ikut para nelayan berlayar dan memancing ke tengah laut.

Biasanya, para pecinta memancing akan lebih memilih memancing di tengah laut. Anda akan mendapatkan hasil pancingan yang lebih banyak dari pada di pinggir laut. Tak hanya itu, hasil pancingan ikan akan berukuran lebih besar dari pada yang di pinggir.

Berenang

sumber: mymilk.com

Pantai ini memiliki 5 bukit karang yang sangat besar ditengah laut. Hal ini membuat gelombang pantai terpecah sebelum sampai di dekat pantai. Sehingga, air yang ada di pantai sangat tenang.

Hal ini membuat pantai tersebut sangat aman untuk dijadikan tempat berenang bagi para pengunjung. Anda dapat sepuasnya berenang di pantai ini asal jangan sampai melewati batas bukit karang tersebut.

Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas yang sangat tepat saat anda berada di pantai ini. Anda harus menelusuri kekayaan biota laut yang ada di dalamnya. Bahkan anda dapat melihat keindahan terumbu karang yang tidak dapat anda lihat di pantai lainnya.

Abadikan foto-foto anda saat berada di dalam laut. Foto tersebut akan memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

Berkeliling laut menggunakan kapal

Biasanya para nelayan menyewakan kapalnya untuk digunakan keliling Laut Kondang Merak. Anda dapat bertanya secara langsung tentang harga sewa yang dipatok oleh para nelayan tersebut. Biasanya harga sewa akan lebih murah jika anda menyewanya secara berkelompok

Kuliner

Pantai biasanya terkenal akan keindahan alam yang dimilikinya. Berbeda halnya dengan di Pantai Kondang Merak. Pantai ini lebih dikenal akan olahan pangannya yang khas dan sangat lezat.

Olahan pangan yang sangat khas dari pantai ini adalah sate tuna. namun, untuk anda yang bosan akan olahan ini jangan khawatir. Anda dapat mencoba olahan pangan lainnya. Masih banyak menu olahan pangan yang berbahan dasar hasil laut tentunya. Olahan tersebut seperti: gurita asam manis, gurita saus tiram, kuah pedas kepala ikan, dan masih banyak lagi.

Pantai ini merupakan surga dunia untuk para wisatawan pecinta kuliner. Dan untuk rasa, jangan diragukan lagi.

Bahkan, di sini anda dapat membeli berbagai macam ikan segar untuk oleh-oleh keluarga anda yang ada di rumah. Hal ini dikarenakan pantai ini merupakan tempat persinggahan para nelayan. Jadi, dapat dipastikan bahwa ikan yang dijual merupakan ikan-ikan yang masih fresh.

Penginapan

Karena Pantai Kondang Merak jaraknya berdekatan dengan Pantai Balekambang, maka rekomendasi penginapan terdekat pun juga sama seperti Pantai Balekambang. Berikut rekomendasi penginapan terdekat

Penginapan Wibisono II

Jarak                : 7,2 km

Fasilitas           : parkir, satu kamar, kipas angin

Harga               : Rp277.777

Fira Homestay

Jarak                : 6,3 km

Fasilitas           : meja, dapur kecil, pancuran

Harga               : Rp275.750,00

Homestay Dhilpratis at Pantai Balekambang

Jarak                : 6,7 km

Fasilitas           : parkir, kamar dengan kamar mandi dalam

Harga               : Rp266.600,00

Tinggalkan komentar