Pantai Lenggoksono : HTM, Rute, Lokasi, Fasilitas

sumber: instagram.com

Pantai Lenggoksono merupakan pantai yang sangat indah dengan wisata airnya yang sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak, biasanya pantai yang dapat digunakan surfing tidak akan dapat digunakan untuk berenang ataupun snorkeling. Namun, di satu tempat ini, anda dapat merasakan keduanya sekaligus.

Tidak akan ada kata bosan saat anda berkunjung ke Pantai Lenggoksono. Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di sini.

Artikel ini membahas:

  1. Rute dan Lokasi Pantai Lenggoksono
  2. Harga tiket masuk dan harga tiket parkir
  3. Fasilitas
  4. Kegiatan menarik di pantai
  5. Pemandangan
  6. Kuliner
  7. Penginapan

Rute dan lokasi Pantai Lenggoksono

Lalu dimanakah letak pantai Lenggoksono? Pantai ini terletak di Lenggoksono, Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Waktu yang anda butuhkan untuk perjalanan dari Malang Kota menuju Pantai Lenggoksono terbilang cukup lama. Anda perlu melakukan perjalanan selama 2 jam 40 menit dengan jarak tempuh sekitar 70 km.

Anda harus menuju ke turen terlebih daru. Setelah itu, anda harus menuju ke dampit. Setelah daerah dampit anda akan mendapatkan rintangan dalam perjalanan.

Perjalanan yang anda tempuh akan sempit dan sangat berbahaya. Walau sempit, perjalanan tersebut masih dapat ditempuh dengan menggunakan mobil.

Akan ada jurang yang sangat curam di kiri dan kanan anda. Walau terdengar begitu mengerikan, namun di jalan ini anda dapat melihat pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dalam perjalanan akan sangat jarang menemukan petunjuk jalan. Jadi, jika anda mengalami kesulitan dalam memahami rute, jangan segan-segan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Harga tiket masuk dan harga tiket parkir

Harga yang dipatok masih relatif murah. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp10.000,00 untuk dapat masuk ke dalam Pantai Lenggoksono.

Untuk harga tiket parkirnya sendiri anda akan dikenakan tarif sesuai dengan jenis kendaraan anda. Berikut harganya:

KendaraanHarga
Sepeda motorRp5.000,00
MobilRp10.000,00

Fasilitas

Untuk harga yang masih relatif terjangkau, anda akan dapat yang lebih dari kebutuhan anda. Berikut fasilitas yang diberikan :

  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Musholla
  • Warung makan
  • Sewa alat snorkeling
  • Sewa papan selancar
  • Fasilitas belajar selancar
  • Sewa perahu
  • Sewa kamera underwater

Kegiatan menarik di pantai

Terdapat banyak kegiatan yang dapat anda coba di Pantai Lenggoksono. Memang Pantai ini dikenal karena pantai ini seperti tempat masuknya menuju wisata lainnya. Di sini anda dapat mencoba kegiatan-kegiatan berikut:

Surfing

sumber: instagram.com

Pantai Lenggoksono merupakan pantai yang benar-benar memiliki ciri khas dari pantai selatan. Pantai ini memiliki ombak yang besar. Hal ini membuat pantai sangat cocok untuk dijadikan tempat surfing.

Jika anda ingin melakukan olahraga surfing, anda dapat menggunakan jasa sewa papan selancar yang ada di pantai tersebut. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp50.000,00.

Namun, untuk anda yang masih belajar dan ingin mencobanya, di sini juga bisa belajar selancar bersama pelatihnya. Untuk fasilitas ini, anda diharuskan membayar sebesar Rp150.000,00. Harga tersebut sudah termasuk sewa papan selancarnya sekaligus.

Memancing

sumber: pegipegi.com

Di dalam Pantai Lenggoksono terdapat kekayaan laut yang begitu melimpah. Bahkan pantai ini merupakan tempat konservasi lobster. Namun, bukan berarti hanya lobster saja yang melimpah ruah. Banyak sekali macam-macam ikan yang dapat anda dapatkan di sini, contohnya adalah ikan tuna.

Anda hanya perlu mempersiapkan keperluan memancing. Di sini tidak ada penyewaan alat pancing. Untuk mendapatkan ikan, anda dapat memancing di daerah yang memiliki ketinggian air yang cukup.

Menyewa Kapal

sumber: instagram.com

Pantai Lenggoksono merupakan pantai persinggahan para nelayan. Setiap pagi hari, para nelayan biasanya menyewakan kapal mereka untuk pariwisatawan yang ingin berkeliling ke wisata lainnya. Harga yang dipatok kira-kira sekitar Rp400.000,00 untuk satu kapalnya. Satu kapal tersebut dapat anda isi sebanyak 6-8 orang.

Namun, untuk anda yang berwisata hanya 2 orang atau 3 orang, anda dapat membayar perorang. Harga perorang untuk menaiki kapal tersebut sebesar Rp60.000,00.

Para penyewa kapal tersebut akan menawarkan anda ke 3 tempat sekaligus. Tempat-tempat tersebut adalah Pantai Bolu-bolu, Teluk Kletek, dan Pantai Banyu Anjlok.

Berkunjung ke Pantai Bolu-bolu

Pantai Bolu-bolu merupakan pantai yang sangat indah dengan pasir putihnya yang sangat luas. Pantai ini sangat sepi pengunjung karena jalur daratnya yang sangat ekstrim. Jadi, biasanya jika para wisatawan ingin ke pantai ini, mereka akan menuju Pantai Lenggoksono terlebih dahulu lalu menuju Pantai Bolu-bolu menggunakan jalur laut.

Di Pantai Bolu anda akan melihat ikan-ikan kecil dengan sangat jelas. Pemandangan ini menambah kesan indah pada pantai. Karena airnya yang sangat tenang, anda dapat dengan leluasa berenang bersama dengan ikan-ikan kecil tersebut.

Bukan hanya berenang, anda juga dapat memancing ikan-ikan kecil tersebut. Untuk anda yang ingin memancing, jangan lupa untuk membawa alat pancing sebelm menaiki kapal.

Di sana juga terdapat ayunan. Suasana yang sepi akan membuat anda ingin merasa tenang bersama ayunan yang anda naiki. Suasana ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Snorkeling di Teluk Kletek

sumber: klook.com

Setelah anda di Pantai Bolu-bolu, nelayan yang menyewakan kapal akan mengajak anda menuju Teluk Kletek. Kapal tersebut akan berada di tengah laut. Ketinggian air tersebut sekitar 5 meter. Di sana anda akan dapat melihat keindahan bawah laut yang dapat anda saksikan dengan mata telanjang.

Namun, akan lebih asik saat anda mengeksplor keindahan laut tersebut secara dekat. Di sini air laut tidak terlalu berombak sehingga sangat aman untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Anda hanya perlu menyewa alat snorkeling yang ada di Pantai Lenggoksono. Untuk anda yang ingin mengabadikan momen tersebut, di Pantai Lenggoksono juga menyediakan sewa kamera underwater.

Bermain air ke Pantai Banyu Anjlok

sumber: instagram.com

Rute kapal yang terakhir adalah menuju Pantai Banyu Anjlok. Di sini anda akan dapat melihat air terjun yang airnya langsung mengalir ke pantai. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 7 meter.

Anehnya, air terjun tersebut tidak menimbulkan cekungan yang biasanya ada di air terjun lainnya. Di sini anda dapat bermain air sepuasnya. Bahkan anda dapat bermain air di bawah air terjun. Air terjun tersebut tidak memiliki tekanan yang cukup tinggi, sehingga sangat aman untuk digunakan bermain.

Berkemah

Biasanya, para wisatawan akan terlalu asik dengan kegiatannya hingga lupa waktu. Bahkan tak jarang mereka terlalu malam untuk melanjutkan perjalanan pulang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda dapat membawa peralatan kemah dan melakukan perkemahan di Pantai Lenggoksono. Persiapkan hal tersebut dengan seksama. Lebih tepatnya hanya untuk alat-alat memasak dan berkemah. Untuk bahan makanan, anda dapat membeli di pasar ikan yang ada di pantai.

Anda dapat memasak ikan bakar bersama teman-teman anda sambil bertukar cerita.

Pemandangan

Hembusan angin di Pantai Lenggoksono sedikit lebih kencang dari pada pantai lainnya. Hal ini menimbulkan rasa yang sangat segar. Gelombang ombak pada pantai khas pantai selatan menambah keindahan pemandangan pantai.

Bahkan anda juga dapat melihat orang-orang yang sedang melakukan surfing. Mereka dengan asiknya berkejar-kejaran dengan ombak yang ada di pantai.

Hantaran pasir putih berhiaskan jejeran perahu nelayan akan dapat anda lihat. Bersihnya air pada pantai memberikan kesan elok yang lebih.

Kuliner

Tak hanya tentang beragam wisata alamnya, pantai ini memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Hal itu mendukung berbagai macam kuliner di pinggir pantai.

Di sini anda dapat mencicipi beragam jenis ikan dengan olahan yang bermacam-macam. Anda hanya perlu menuju warung-warung yang ada di pinggir pantai.

Kuliner yang biasa dicoba para wisatawan saat di pantai adalah olahan ikan didampingi dengan air kelapa muda. Perpaduan yang sangat cocok untuk hidangan khas bukan?

Biasanya para wisatawan akan kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan setelah berwisata. Anda dapat mencari berbagai macam buah tangan di sini, baik hasil laut ataupun aksesoris.

Di pinggir pantai tersebut akan ada pasar ikan yang dijadikan tempat jualan  para nelayan. Saat malam hari, para nelayan akan berlayar mencari ikan. Hasil tangkapan tersebut akan dijual saat pagi hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas ikan-ikan yang dijual di pasar tersebut masih dalam keadaan fresh.

Tak hanya ikan, anda dapat juga memilih buah tangan berupa gantungan kunci ataupun baju. Terdapat banyak pilihan di sini. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Agar anda mendapat harga yang sesuai, anda dapat melakukan kegiatan tawar-menawar.

Penginapan

Terdapat banyak homestay di dekat Pantai Lenggoksono. Anda hanya perlu bertanya kepada masyarakat lokal tentang homestay terdekat di pantai. Beberapa homestay terdekat dari pantai yaitu:

  • Homestay Pantai Lenggoksono – Banyu Anjlok
  • Revalina Homestay
  • Rifqi Homestay
  • Fajar Homestay

Tinggalkan komentar