Pantai Licin : HTM, Lokasi, Rute, Penginapan

sumber: instagram.com

Pantai Licin memiliki nama lain pantai mutiara hitam. Hal ini dikarenakan keindahan pesonanya. Walau pantai ini memiliki pasir yang hitam, pesona pantai ini tak kalah dengan pantai pasir putih lainnya.

Pantai ini memiliki sejarah tentang nama bahkan pasir hitamnya tersebut. Tak hanya sejarah, fenomena dan panorama alamnya sangat berbeda dengan pantai di dekat kota.

Terdapat pepatah yang berkata “Berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian”. Pepatah ini menggambarkan perjalanan ke pantai eksotis yang satu ini. Untuk menikmati pantai yang benar-benar alami ini, anda haru melewati jalur yang sangat ekstrim.

Walau dengan rute yang sulit, pantai ini jarang sepi pengunjung.

artikel ini membahas :

  1. Rute dan lokasi
  2. Asal-usul nama
  3. Asal usul warna pasir
  4. Keragaman biota laut
  5. Harga tiket
  6. Pemandangan
  7. Kuliner
  8. Penginapan

Rute dan lokasi

Pantai Licin berada di Dusun Licin, Desa Lebak Harjo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Jarak antara malang kota dengan Pantai Licin sangatlah jauh.

Untuk sampai di sana, anda harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 80 km. Kira-kira anda akan sampai sekitar 3 jam setelah berangkat. Waktu tersebut dapat lebih lama lagi jika terjadi kemacetan. Untuk rute lebih detailnya anda dapat membuka aplikasi google maps.

Perjalanan anda akan sangat berat setelah memasuki kawasan Sumberejo. Untuk melanjutkan perjalanan, anda harus memiliki nyali yang sangat besar. Untuk mengurangi resiko, jangan menggunakan mobil.

Jalanan yang akan anda tempuh merupakan jalanan yang sangat berkelok dengan jalan menanjak sekitar bersudut 80 derajat. Tak hanya itu, jalanan bagian kiri anda terdapat jurang yang sangat curam. untuk yang sebelah kanan anda akan terdapat bukit berbatu yang sangat tinggi.

Jalanan ini sangat kesil, bahkan saat mobil dan motor berpapasan, pengendara motor harus lebih minggir saat mengendarainya. Jalanannya juga masih berupa pasir kadang juga terdapat aspal namun banyak yang berlubang.

Jalan ini sangat licin saat musim penghujan. Jadi, jangan melakukan perjalanan ke Pantai Licin saat cuaca tidak mendukung.

Asal usul nama

Jika anda mengira nama Pantai Licin diperoleh dari keadaan pantai yang sangat licin, anda salah. Pantai ini tidak memiliki permukaan licin sama sekali.

Kata masyarakat sekitar, dahulu kala sebelum daerah Dusun Licin dijadikan pemukiman, daerah ini merupakan hutan belantara. Saat Dusun Licin dijadikan pemukiman, di daerah tersebut banyak sekali lumut hingga membuat daerah tersebut sangat licin sehingga masyarakat sekitar menamainya dengan Dusun Licin.

Nah, karena pantai ini terletak di Dusun Licin, sehingga masyarakat sekitar menamai pantai ini dengan nama Pantai Licin.

Asal-usul warna pasir

Banyak wisatawan bertanya mengapa pasir di pantai berwarna hitam dengan tekstur yang sangat halus. Konon katanya, pasir di Pantai Licin berwarna putih. Hal yang membuat pasir tersebut menghitam adalah karena pasir vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi. Pasir tersebut menyelimuti pasir pantai yang berwarna putih.

Keragaman biota laut

sumber: instagram.com

Karena rute yang cukup ekstrim membuat pantai menjadi kurang pengunjung. Namun, dibalik kurangnya pengunjung sangat berdampak baik kepada keseimbangan ekosistem bawah laut.

Bahkan pantai ini dikenal dengan kelimpahan ikan di dalamnya. Hal ini memberikan sumber penghidupan masyarakat sekitar.

Bahkan, tak heran banyak orang yang pergi ke pantai hanya untuk memancing saja.

Tak hanya di dalam laut, dipesisir pantai pun terdapat banyak jenis tanaman yang tumbuh. Beberapa jenis tanaman ini tidak dapat anda lihat di pantai lainnya. Hal ini dikarenakan pasir yang ada di pantai sangat subur.

Harga tiket

Terjalnya jalanan dengan rute yang sangat berbahaya membuat para warga memutuskan untuk tidak memungut biaya masuk. Anda hanya perlu membayar sebesar tiket parkir saja jika anda membawa kendaraan ke pantai ini.

Pemandangan

sumber: instagram.com

Terlihat dengan jelas bahwa Pantai Licin memiliki pemandangan indah yang berupa bukit karangnya. Untuk anda yang memiliki ilmu fotografik dengan baik, anda akan dapat memperindah foto yang anda peroleh. Karang tersebut akan sangat instagramable.

Pemandangan foto yang sangat menarik di sana adalah kerang yang terbelah. Tak hanya itu, di samping karang yang terbelah terdapat karang yang berbentuk menyerupai pintu yang akan menuju ke pantai selatan secara langsung.

Biasanya, pantai akan berbentuk lurus memanjang. Berbeda hal nya dengan pantai ini, pantai ini berbentuk sedikit melingkar seperti teluk. Agar anda dapat melihat dengan lebih jelasnya, anda dapat menggunakan drone.

Pantai yang melingkar dengan karang di sampingnya membuat air di pantai tersebut sangat tenang. Anda dapat berenang tanpa perlu khawatir ombak yang besar. Anda juga dapat menjelajahi terumbu karang dan ikan-ikan yang berada di dalam laut dengan jarak pandang yang dekat.

Air di pantai juga sangat jernih. Hal ini akan sangat memicu keinginan anda untuk berenang.

Kuliner

Belum terdapat warung di sekitar pantai. Jadi, untuk anda yang ingin berwisata ke Pantai Licin anda harus menyiapkan bekal dari rumah.

Penginapan

sumber: instagram.com

Letak yang tidak strategis membuat Pantai Licin tidak memiliki penginapan terdekat. Jadi, jika anda ingin bermalam, anda harus melakukan kemah.

Perlengkapan kemah harus dipersiapkan dengan matang dari rumah. Di sana, anda akan sendiriran tanpa ada lampu yang menyala sama sekali. Jadi, anda harus menghidupkan api unggun untuk menghindari serangan hewan buas.

Jangan lupa untuk membawa bahan makanan dari rumah. Jika anda memutuskan untuk berkemah di sana, anda harus benar-benar menyatu dengan alam.

Tinggalkan komentar