Pantai Ngadipuro : Lokasi, Rute, HTM, Fasilitas, Daya Tarik

sumber: ihategreenjello.com

Pantai memang sangat cocok untuk menghilangkan penat bekerja. Hembusan angin pantai seolah dapat menyihir anda hingga dapat membuat tubuh anda sangat rileks.

Namun untuk beberapa wisatawan, mereka akan memilih pantai yang memiliki keunggulan, baik nilai estetika, budaya, ataupun lainnya. Mereka memilih sesuai dengan apa yang mereka anggap unik.

Pantai di Trenggalek sedang sangat menggemparkan para wisatawan. Pantai ini bukan lagi tentang estetika ataupun hiburan. Para wisatawan mayoritas lebih tertarik pada nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah Pantai Ngadipuro.

Daftar isi artikel:

  1. Lokasi dan rute
  2. Harga tiket
  3. Fasilitas
  4. Acara adat longkangan
  5. Pemandangan alam
  6. Kuliner
  7. Penginapan

Lokasi dan rute

Perjalanan menuju Pantai Ngadipuro terbilang sangat mudah. Bahkan anda dapat sampai di pantai ini hanya dengan menggunakan kendaraan umum saja.

Jika anda ingin menaiki kendaraan umum, anda dapat menaiki mini bus dengan kode S2. Namun, saya sarankan kepada anda untuk menaiki kendaraan pribadi saja. hal ini karena anda dapat lebih bebas dan leluasa saat sedang melakukan liburan.

Lokasi Pantai Ngadipuro berada di Desa Craken, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Terdapat dua jalur untuk bisa sampai di tujuan. Jalur yang pertama anda dapat melewati Jalan Kanjeng Jimat. Jalur yang ke dua anda dapat melewati Jalan Raya Bendorejo.

Selisih waktu yang dibutuhkan cukup banyak. Jadi, saran saya Anda mengikuti jalur kedua saja. untuk jalur kedua, Anda hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam 46 menit atau sejauh 60km.

Untuk informasi rute yang lebih jelasnya, anda dapat melihat langsung di aplikasi google maps.

Harga tiket

Untuk dapat menikmati panorama yang sangat langkah dengan budaya yang hanyaa dapat anda saksikan di sana saja, anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00

harga diatas hanya untuk tiket masuk. Untuk tiket parkirnya sendiri, anda dapat bertanya kepada petugas parkir yang ada di sana.

Fasilitas

untuk anda yang akan berwisata ke sini, jangan khawatir tentang fasilitas nya. fasilitas di pantai ini sudah lengkap, yaitu :

  • tempat parkir
  • musholla
  • rumah makan
  • toilet
  • kamar mandi

Acara adat longkangan

sumber: visit.trenggalekkab.go.id/

Tak hanya menyajikan keindahan, pantai ini juga memiliki nilai budaya. Budaya ini dikenal dengan nama longkangan. Longkangan adalah suatu upacara adat yang dilakukan para nelayan dan masyarakat munjungan sebagai bentuk syukur kepada tuhan atas melimpahnya tangkapan hasil laut.

Tak hanya ungkapan syukur, upacara ini juga dipergunakan untuk peringatan leluhur yaitu Rara Puntu yang konon dipercaya oleh Ratu Pantai Selatan menguasai kawasan Pantai Ngampiran, Blado, Sumbreng, dan Ngadipuro Ngunjungan.

Longkangan dilaksanakan setiap Bulan Selo(bulan jawa), lebih tepatnya saat Jum’at Kliwon. Acara ini sangat menarik para wisatawan baik lokal maupun luar. Tak hanya wisatawan, masyarakat pun akan kelar ruah hanya untuk menyaksikan upacara ini.

Acara ini diawali dengan dikirabnya Tumpeng Agung dari pendopo Kec. Munjungan hingga Pantai Blado yang dipipin oleh camat dan kepdes munjungan diikuti dengan para dayang dan rombongan jaranan.

Setelah itu, barulah acara utama akan di mulai di Pantai Blado.

Jadi untuk Anda yang ingin melihatnya, anda dapat pergi di Hari Jum’at Kliwon tepatnya saat siang menjelang sore hari.  Namun, untuk menghindari macet, Anda harus sampai di lokasi sebelum acara dimulai.

Pemandangan alam

Lagi-lagi terdapat daya tarik di pantai ini, apalagi kalau bukan pemandangannya?

Sudah biasa jika terdapat pantai yang berpasir putih dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Namun, pesona Pantai Longkangan berbeda dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dengan pasir merah yang menjadi ciri khas tersendiri.

Jika dilihat secara detail, akan terlihat bahwa warna merah pasir tersebut bercampur dengan pasir berwarna putih. Terdapat beberapa batu karang yang tersusun di pinggir pantai juga. Batu karang berbentuk sangat cantik.

Kebersihan pantai ini sangat terjaga. Air laut yang sangat jerni dengan warna hijau kebiruan. Perpaduan pemandangan di pantai ngadipuro memang sangatlah mempesona. Komponen yang ada di dalamnya memberi kesan sangat apik.

Kuliner

Kurang afdol bukan kalau berekreasi tanpa mencicip makanan yang ada di sana? Nah untuk anda yang merasa demikian, anda dapat mencoba warung-warung di pinggir pantai.

Tak hanya tentang rasa enak, warung-warung di sana juga terbilang cukup murah. Inilah suasana yang sangat di sukai oleh para wisatawan, makan dengan pemandangan pantai.

Penginapan

kekurangan dari pantai ini adalah tidak adanya penginapan yang dekat dari pantai. Jika anda memutuskan menginap, anda harus menempuh jarah sejauh 22 km atau sekitar 45 menit dari pantai. Hotel ini bernama Hotel Ratu.

Hotel Ratu terletak di Jalan Raya Lintas Selatan, Karang, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Harga yang ditawarkan juga lumayan murah, sekitar Rp150.000,00 hingga Rp200.000.

Perbedaan harga itu dipengaruhi oleh fasilitas yang diinginkan wisatawan, apakah wisatawan menginginkan AC ataukan hanya kipas angin saja.

Namun, jika rumah anda di Kabupaten Trenggalek, lebih baik anda pulang ke rumah saja. Hal ini dkarenakan perjalanan yang ditempuh ke penginapan sama dengan setengah perjalanan pulang anda.

Tinggalkan komentar