Pantai Ngampiran

sumber: instagram.com

Pantai Ngampiran adalah definisi pantai alami yang sesungguhnya. Pantai ini belum dibuka sebagai salah satu wisata sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tak hanya bersih, pantai ini sangat menarik karena airnya yang sangat jenih dan berwarna biru.

Lokasi dan rute

Pantai Ngampiran ini sendiri berada di Desa Tawing, Kecamatan Mujungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Jika anda berasal dari Blitar, anda harus menempuh jarak sejauh hampir 95 km. Anda harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 3 jam lamanya. Namun, jika anda perasal dari Kabupaten Trenggalek itu sendiri, anda hanya memerlukan waktu untuk perjalanan sekitar 1 jam 45 menit.

Pantai ini hampir tidak berpengunjung karena rutenya yang sangat sulit ditempuh. Banyak tanjakan yang sangat curam pada saat anda akan melakukan perjalanan. Tak hanya itu, jalan yang ditempuh juga sangat berkelok-kelok.

Saran dari saya, saat anda melakukan perjalanan sebaiknya anda menggunakan sepeda motor. Saat akan perjalanan, anda harus memastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan yang sangat baik.

Untuk penunjuk arah yang lebih jelas, anda dapat mengikuti arahan dari google maps.

Harga tiket

Karena minat para wisatawan yang sangat kurang untuk ke sana, pengelolaan pun dilakukan hanya sekadarnya saja. Bahkan saat anda sampai di sana, anda tidak akan dikenakan tarif sepeserpun (gratis).

Jadi, untuk anda yang tidak memiliki budget  namun ingin berwisata, wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan pun sangat minim. Namun, fasilitas ini cukup untuk memenuhi kebutuhan anda saat di sana, yaitu:

  • Toilet
  • Musolla
  • Makanan
  • Parkir gratis (pastikan anda emarkir kendaraan anda di tempat yang masi dapat anda jangkau)

Pemandangan

sumber: instagram.com

Walaupun dengan tarif yang gratis, pemandangan di sana masih sangat bersih dan indah. ombak di pantai tergolong kecil.

Pantai ini menyajikan pesona yang berbeda dari pantai lainnya. Pantai ini akan menyajikan pemandangan hantaran pasir putih yang sangat luas dengan air laut yang sangat jernih dan berwarna biru.

Di pantai tersebut anda juga akan di suguhkan pemandangan bukit yang sangat asri dan alami. pemandangan itu lebih tepatnya akan anda temukan di bagian kanan anda.

Dengan pemandangan yang sangat indah tersebut, anda akan menikmatinya seorang diri. Anda akan merasa bahwa anda adalah pemiliki pantai tersebut. Anda akan dapat menggunakan pantai dengan sangat leluasa. Suasana ini akan membantu anda yang ingin menenangkan pikiran anda yang penat karena keramaian perkotaan.

sumber: instagram.com

Pemandangan senja di pantai memanglah selalu lebih indah. Sama halnya dengan Pantai Ngampiran. Luasnya langit akan berwarna orange. Kesan elegan akan tercipta dengan sendirinya. Mata akan terpana dengan keelokan yang dilihatnya

Jika anda ingin melakukan interaksi dengan para nelayan, pastikan anda melakukan perjalanan di pagi hari. Saat itu, nelayan baru pulang dari aktivitasnya menangkap ikan. Saat itu anda dapat bertanya secara langsung tentang bagaimana cara menangkap ikan dengan mudah, bagaimana ciri-ciri ikan yang masih fresh, ataupun hanya bertanya seputar pantai tersebut.

Para nelayan di sana sangatlah ramah pada para wisatawan yang sedang berkunjung. Jadi, jangan segan-segan jika anda ingin bertanya atau hanya berbasa-basi kepada mereka.

Di sana, anda juga dapat membeli ikan yang benar-benar fresh dari nelayan langsung dengan harga yang sangat murah.

Kuliner

Saya belum bisa merekomendasikan suatu makanan yang sangat istimewa untuk anda. Namun, jika anda ingin mecoba, anda dapat langsung menuju warung-warung terdekat yang ada di pantai. Makanan tersebut kebanyakan adalah olahan ikan yang dibakar atau hanya digoreng yang disajikan bersama lalapan dan sambalnya.

Yang sangat istimewa dari warung-warung ini adalah warung ini mengolah ikan-ikan yang sangat fresh hasil tangkapan nelayan sekitar.

Tempat penginapan

Tempat penginapan terdekat dari pantai ngampiran adalah Hotel Lugano. Hotel ini terletak di pinggir pantai prigi. Jadi, jika anda memutuskan untuk menginap, anda dapat menuju hotel ini.

Perjalanan dari pantai ngampiran ke hotel Lugano juga cukup lama, yaitu sekitar 1 jam. Jika anda menginap, anda akan terbangun dan langsung dapat melihat keindahan Pantai Prigi, salah satu pantai yang juga tak kalah indahnya dengan pantai ngampiran. Wah, dapat mengunjungi dua pantai sekaligus ya.

Namun, penginapan ini tergolong cukup mahal namun memiliki fasilitas yang mewah. Hotel ini ditawarkan mulai harga Rp300.000,00-an. Namun, dengan harga itu dengan pemandangan kamar yang langsung menuju pantai menurut saya masih terbilang worth it.

Untuk pemesanan kamar hotel, anda dapat melakukannya langsung melalui aplikasi yang ada di handphone anda. Salah satu aplikasinya yaitu traveloka. Biasanya, aplikasi seperti ini menawarkan diskon yang lumayan besar untuk anda.

Tinggalkan komentar