Pantai Selok : HTM, Rute, Lokasi

sumber: instagram.com

Malang adalah salah satu kota yang kaya akan tempat pariwisatanya. Tempat wisata yang sering dikenal oleh wisatawan biasanya seperti Jatim Park, Museum Angkut, ataupun BNS.

Namun, tanpa mereka sadari, Malang juga merupakan tempat penghasil pantai yang tak kalah menarik dari wisata-wisata tengah kota.

Wisata pantai tersebut dapat anda temukan di bagian paling selatan Kabupaten Malang. Salah satu Pantai yang terkenal di Malang adalah Pantai Selok. Lokasi Pantai Selok tepatnya terletak di Kandangmerak, Sumberbening, Banturan, Malang.

Artikel ini berisi:

  1. Rute menuju Pantai Selok
  2. Harga tiket masuk dan harga tiket parkir di Pantai Selok
  3. Fasilitas
  4. Kegiatan di Pantai Selok
  5. Pemandangan di Pantai Selok
  6. Kuliner
  7. Penginapan

Rute menuju Pantai Selok

Jika anda melakukan perjalanan dari Kota Malang, terdapat 2 macam perjalanan yang dapat anda pilih. Perjalanan yang pertama adalah perjalanan menggunakan kendaraan umum.

Jika anda berangkat menggunakan kendaraan umum, anda harus berpindah angkot sebanyak 2 kali dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Kira-kira anda akan menghabiskan uang untuk biaya transportasi sebesar Rp70.000,00.

Perjalanan yang kedua adalah menggunakan kendaraan pribadi. Dalam melakukan perjalanan yang kedua, anda dapat memilih rute yang melewati gondang legi ataupun melewati kepanjen. Untuk yang lebih dekatnya, anda dapat memilih rute Gondang Legi.

Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Pantai Balekambang. Sesampai di Pantai Balekambang, anda harus lurus sejauh kira-kira 5 km dari Pantai Balekambang menuju Pantai Kondang Merak.

Untuk sampai di Pantai Selok, anda perlu memarkir kendaraan di Pantai Kondang Merak dan berjalan kaki sekitar kurang lebih sekitar 500 meter.

Harga tiket masuk dan harga tiket parkir di Pantai Selok

Untuk bisa masuk di Pantai Selok anda hanya perlu membayar Harga tiket masuk sebesar Rp12.000,00

Harga Tiket Masuk (HTM)Rp12.000,00

Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda akan dikenai harga tiket parkir sesuai kendaraan yang anda bawa.

KendaraanHarga Tiket Parkir
Sepeda motorRp5.000,00
MobilRp10.000,00

Fasilitas

Berikut fasilitas yang diberikan di Pantai Selok

  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Parkir
  • Musholla
  • Warung makan

Kegiatan di Pantai Selok

Di Pantai Selok, anda tidak akan diperbolehkan untuk berenang. Hal ini dikarenakan gelombang pantai yang sangat tinggi dan berbahaya. Walau seperti itu, anda masih dapat melakukan beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat anda lakukan. Berikut kegiatannya:

Voli pantai

Pantai Selok memiliki wilayah yang tergolong sangat luas. Luas pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin bermain bola voli di pinggir pantai.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki pasir pantai yang bertekstur halus sehingga tidak akan melukai kaki saat anda akan bermain permainan bola voli. Bahkan pasir yang ada di pantai ini dapat melindungi anda saat anda terjatuh.

Camping

Pantai yang luas memanglah sangat cocok untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Anda dapat melakukan kegiatan camping di Pantai Selok tanpa dipungut biaya apapun.

Biasanya, pantai yang memperbolehkan camping akan membuka jasa sewa tenda. Namun di Pantai Selok tidak akan ada jasa sewa tenda di sini. Anda harus mempersiapkan segala keperluan camping di rumah.

Menenangkan diri

Mayoritas wisatawan akan lebih memilih mengunjungi Pantai Balekambang daripada pantai ini. Hal ini dikarenakan Pantai Balekambang menawarkan lebih banyak wahana permainan air. Tak hanya itu, Pantai Balekambang juga merupakan wisata alam yang tergolong sangat indah.

Hal ini membuat kurangnya pengunjung di Pantai Selok. Untuk sebagian orang akan memberikan nilai positif untuk hal ini. Mereka membutuhkan kenyamanan dan ketenangan dari hiruk pikuk orang banyak.

Suasana sunyi akan membuat mereka merasakan kedamaian dan melupakan sejenak tentang padatnya perkotaan.

Bermain air

Walau tidak diperbolehkan untuk berenang, anda dapat bermain air di Pantai Selok. Namun, jangan terlalu ke tengah laut. Pastikan pula bahwa anda mengawasi anak-anak anda atau teman-teman anda lainnya.

Berenang di Pantai Banyu Meneng

Walaupun anda tidak dapat berenang dan bermain leluasa di Pantai Selok, anda dapat berenang dan bermain leluasa di Pantai Banyu Meneng. Letak Pantai Banyu Meneng bersebelahan dengan Pantai Selok.

Walau seperti itu, karakteristik ombak kedua pantai sangat jauh berbeda. Seperti namanya “Banyu Meneng”, pantai ini memiliki karakteristik ombak yang kecil. Hal ini dikarenakan Pantai Banyu Meneng terletak dibalik teluk.

Untuk sampai di sana, anda dapat berjalan kaki dari Pantai Selok. Anda tidak perlu membayar lagi untuk masuk ke Pantai Selok.

Berfoto

Pantai Selok memang terkenal akan keelokannya. Pantai ini biasanya digunakan untuk foto biasa hingga foto prewedding. Estetika Pantai Selok didapat dari hantaran pasir putih yang sangat halus dan luas dengan terumbu karangnya yang sangat indah.

Terumbu karang tersebut akan lebih menawan saat terguyur gelombang ombak yang besar.

Anda dapat mencoba berfoto diatas terumbu karang. Ambil foto saat ombak datang dan menghantar terumbu karang yang anda naiki. Foto akan terlihat sangat estetik dan menawan.

Tak hanya itu, anda juga dapat menggunakan pasir putih sebagai background atau hanya sebagai properti saat berfoto.

Pemandangan di Panti Selok

sumber: instagram.com

Gelombang ombak akan terdengar lebih kencan daripada Pantai Banyu Meneng. Hembusan angin akan menerpa wajah dengan sedikit kencangnya. Bahkan anda dapat merasakan kesegaran udara yang lebih daripada pantai lainnya.

Anda akan merasakan keheningan dan ketenangan karena suasana sepi di Pantai Selok. Terdapat berbagai macam batu karang yang sangat indah. Batu karang ciri khas pantai ini adalah batu karang yang memiliki bentuk seperti katak.

Kuliner

Jika anda telah kelelahan bermain air dan merasa lapar, anda dapat dengan mudah menemukan beberapa kedai makan yang ada di pinggir pantai. Menu makanannya pun bervariasi. Seperti kebanyakan menu makanan di pantai lainnya, menu makanan di pantai ini akan berupa olahan dari hasil laut baik itu ikan ataupun kerang.

Penginapan

Penginapan Wibisono II

Jarak                : 7 km

Fasilitas           : parkir, satu kamar, kipas angin

Harga               : Rp277.777

Fira Homestay

Jarak                : 6,1 km

Fasilitas           : meja, dapur kecil, pancuran

Harga               : Rp275.750,00

Homestay Dhilpratis at Pantai Balekambang

Jarak                : 6,5 km

Fasilitas           : parkir, kamar dengan kamar mandi dalam

Harga               : Rp266.600,00

Tinggalkan komentar