Pantai Watu Leter : HTM, Lokasi, Rute, Penginapan

sumber: instagram.com

Pantai yang berlokasi di Kabupaten Malang memang banyak macamnya. Setiap pantai biasanya memiliki nilai budaya dan estetika yang sangat menonjol. Jika tidak memilikinya, maka sudah dapat dipastikan bahwa pantai ini tidak akan terkenal.

Wisatawan yang menyukai pantai akan memiliki jiwa petualang yang sangat tinggi. Mereka akan rela menempuh jalanan yang sangat berbahaya atau bahkan harus berjalan kaki untuk sampai di tujuan.

Obsesinya dengan pantai membuat mereka rela berkorban untuk sampai di pantai incarannya. Berbeda hal nya dengan wisatawan yang manja. Mereka akan lebih memilih pantai yang memiliki akses jalan mudah walau pemandangannya biasa saja.

Nah, untuk yang terobsesi dengan pantai, Pantai Watu Leter dapat dijadikan rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi. Pantai ini hanya dapat ditempuh oleh petualang saja.

Artikel ini berisi :

  1. Rute dan lokasi
  2. Jam operasional
  3. Harga tiket
  4. Asal usul nama
  5. Fasilitas
  6. Pemandangan
  7. Kegiatan di pantai
  8. Kuliner
  9. Penginapan

Rute dan lokasi

Pantai ini berlokasi di Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika anda berada di Malang Kota anda dapat menuju ke Kabupaten malang daerah selatan. Setelah itu, anda ambil arah ke Sumber Majing.

Anda akan melihat petunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru. Ikuti jalanan tersebut hingga menemukan pertigaan yang memiliki petunjuk jalan ke Pantai Goa Cina. Pantai Watu Leter terletak berdekatan dengan pantai Goa Cina.

Setelah itu, terdapat 2 rute yang dapat anda lewati. Rute pertama anda harus menyusuri hutan bakau. Rute ini sangat sempit dan ekstrem. Anda harus melewati jalan bebatuan dan rerumputan liar hingga ke ujung jalan. Setelah itu, anda harus memarkirkan kendaraan anda di sekitar sana dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Namun, biasanya para wisatawan lebih memilih melewati jalur kedua karena akses jalannya yang lumayan mudah. Anda hanya perlu ke Pantai Goa Cina lalu memarkirkan kendaraan di sana. Setelah itu, anda perlu berjalan kaki sekitar 100 meter ke arah barat. Biasanya perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Jam operasional

Pengurus Pantai Watu Leter tidak membatasi jam buka dengan hari tertentu. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam

Jam buka
Setiap hari24 jam

Harga tiket

Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai ini, jangan khawatir. Anda hanya memerlukan uang Rp10.000,00 per orang untuk bisa masuk ke pantai ini.

Namun, untuk anda yang membawa kendaraan, anda akan dikenakan biaya parkir. Biaya parkir tersebut sebesar:

KendaraanHarga
Sepeda motorRp10.000,00
MobilRp20.000,00

Asal-usul nama

Penamaan Pantai Watu Leter berasal dari Bahasa Jawa. Kata ‘watu’ yang artinya batu dan kata ‘leter’ yang artinya datar. Jadi yang dimaksud watu leter adalah batu yang datar

Yah, penamaan ini berdasarkan pemandangan yang terlihat di pantai. Terdapat sebuah tebing yang sangat tinggi di tengah laut. Tebing tersebut sangat menarik perhatian para warga. Hal ini dikarenakan permukaan atas tebing yang berbentuk datar.

Nah, tebing tersebutlah yang menjadi ciri khas dari Pantai Watu Leter. Maka, masyarakat sekitar sepakat menamai pantai tersebut dengan nama Pantai Watu Leter.

Fasilitas

Walau pantai ini masih tergolong pantai yang sepi, namun pantai ini menyediakan fasilitas lengkap, yaitu:

  • Parkir
  • Toilet
  • Mushollah
  • Warung

Pemandangan

sumber: instagram.com

Pemandangan dari Pantai Watu Leter memang seperti Pantai Goa Cina. Namun, suasana hening pantai ini membuat anda merasakan kenyamanan dan keindahan yang lebih dari pada saat di Pantai Goa Cina.

Pantai Goa Cina akan memanjakan anda dengan cerita mistisnya namun Pantai Watu Leter akan memanjakan anda dengan keheningannya. Pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dan mencari tempat mengasingkan diri untuk sementara.

Tak hanya itu, udara yang sangat bersih dengan semilir angin akan membuat mata anda terpejam. Suasana tentram akan sangat membantu anda menghilangkan stress.

Kegiatan di pantai

Walaupun pantai ini terbilang sepi, bukan berarti anda akan boring di pantai ini. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan di pantai ini. Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu:

Snorkeling

sumber: klook.com

Pantai ini sangat cocok untuk aktivitas snorkeling karena air pantai yang sangat jernih dengan ombak yang tenang. Namun, untuk alat snorkelingnya, anda dapat membawa sendiri dari rumah ya.

Di dasar laut pantai Watu Leter, bukan hanya biota laut namun anda dapat pula melihat penyu-penyu.

Berenang

sumber: instagram.com

Air yang ada di pantai watu leter memang sangat segar. Bahkan, jika dibandingkan dengan Pantai Goa Cina, pantai ini memiliki air yang lebih segar.

Kejernihan dan kesegaran air akan membuat badan anda tertarik untuk merasakannya. Aktivitas ini sangat aman mengingat bahwa Pantai Watu Leter memiliki ombak yang tenang. Walau aman, anda tetap harus berhati-hati ya.

Berfoto

sumber: instagram.com

Karena pantai ini mengandung nilai estetika yang lebih, biasanya pantai ini dibuat untuk kegiatan foto model. Bukan hanya wisatawan lokal, wisatawan luar kota pun tertarik untuk berfoto di tempat ini.

Bukit karang dapat menambah estetika yang terkandung dalam foto. Anda hanya perlu berpose di depan bukit karang tersebut. Namun, perlu diperhatikan juga kedatangan cahaya. Untuk hasil yang lebih menarik, anda tidak boleh membelakangi cahaya.

Anda juga dapat berfoto dengan background pemandangan pantai secara langsung. Anda dapat memperlihatkan pemandangan air laut yang jernih dengan pasir putih yang mempesona.

Banyak pose foto di pantai ini yang dapat anda coba. Untuk ide referensi foto lainnya, anda dapat mencarinya di instagram ataupun google.

Berkemah

sumber: instagram.com

Pantai yang satu ini juga menyediakan lahan untuk berkemah. Anda dapat melakukan perkemahan tanpa dipungut biaya apapun. Mungkin anda hanya akan dimintai tambahan uang parkir saja

Namun, di pantai ini anda tidak dapat melakukan kemah dadakan. Anda harus mempersiapkan kebutuhan kemah mulai dari tenda hingga bekal makannya dari rumah.

Keuntungan berkemah di tempat ini adalah pantai ini yang menyediakan tempat yang lebih private. Anda juga dapat menikmati senja dan fajar. Pemandangan ini merupakan pemandangan incaran para wisatawan lainnya.

Bersantai

sumber: instagram.com

Jika anda menyukai ketenangan, anda dapat bersantai digubuk pinggir pantai. Jika anda bersama keluarga anda akan mendapati sorak riau keluarga anda yang sedang bermain di pinggir pantai. Suasana ternyaman memanglah saat melakukan quality time bersama keluarga.

Tetap awasi anak-anak anda yang sedang bermain air. Terkadang, anak akan ceroboh saat bermain dan bersenang-senang.

Menyusuri hutan bakau

sumber: instagram.com

Hutan bakau dikelilingi oleh Sungai Sitiarjo. Tempat bermuaranya Sungai Sitiarjo adalah pantai ini. Jadi, anda dapat berkeliling menikmati indahnya pemandangan hutan bakau dengan menggunakan perahu yang telah disediakan.

Melihat penyu

Pantai Watu Leter merupakan tempat mendaratnya penyu untuk bertelur. Hal ini dikarenakan suasana yang masih sepi dan belum memiliki banyak pengunjung. Anda dapat melihat secara langsung penyu-penyu tersebut.

Anda dapat melihat penyu yang baru datang bahkan melepaskan penyu lainnya ke laut lepas. Jenis penyu di Pantai Watuleter kebanyakan adalah penyu abu-abu

Kuliner

Tidak banyak warung di dekat pantai. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali warung di sini. Beberapa warung ada di pantai ini. Anda dapat mencicipinya selagi anda masih berada di tempat ini.

Penginapan

Penginapan terdekat dari Pantai Watu Leter adalah Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam. Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama 12 menit saja. Anda akan dapat menempatinya hanya dengan membayar sebesar Rp325.500,00 saja per malam.

Walau dengan harga yang cukup mahal, fasilitas yang disediakan juga cukup mewah. Anda akan mendapatkan fasilitas satu tempat tidur, AC, TV, balkon, bahkan teh dan kopi di lobi.

Tinggalkan komentar