Ukuran Baju Pengantin Pria dan Wanita Detail

Saat akan melangsungkan pernikahan, hal utama yang disiapkan adalah baju pengantin. Baju pengantin akan menjadi istimewa jika anda membuatnya sesuai dengan keinginan anda.

Model baju pengantin untuk wanita yaitu kebaya dan untuk pria umumnya bersetelan jas. Model kebaya yang sampai saat ini disukai adalah model kutu baru.

Berikut ini akan dibahas mengenai

  1. Ukuran baju pengantin wanita
  2. Ukuran baju pengantin pria
  3. Tips membuat baju pengantin sendiri

Ukuran Baju Pengantin Wanita

Setiap daerah memiliki ciri khas pakaian pengantin di daerahnya. Untuk Jawa Timur, pakaian pengantin saat akad biasanya menggunakan kebaya berwarna putih.

Kebaya tersebut memiliki pola kutu baru. Model kutu baru hampir sama dengan kebaya yang dipakai nenek-nenek jaman dahulu.

Namun semakin berkembangnya waktu model kutu baru menjadi terkenal lagi dengan inovasi yang baru serta semakin modern. Anda pun bisa menggunakan ukuran ini untuk adat muslim atau adat lain, tidak terpatok pada adat jawa saja.

Berikut ini adalah ukuran dalam pembuatan baju pengantin wanita bermodel kutu baru.

UkuranLingkar DadaLebar PunggungLingkar PinggangPanjang LenganPanjang Baju
XS8432705074
S9034765175
M9636825276
L10038865377
XL10440905478
2XL10842945579
3XL114441005680
4XL120461065781

Pola ukuran kebaya model kutu baru selalu membentuk badan. Namun meskipun begitu jangan mengukurnya terlalu ketat.

Tambahkan beberapa senti untuk bagian lingkar dada. Karena biasanya di dalam baju menggunakan tambahan korset agar badan menjadi tegap.

Untuk hijab, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda, sesuaikan saja dengan model hijab yang ingin anda gunakan.

Ukuran Baju Pengantin Pria

Baju formal yang digunakan pria umumnya setelan jas. Pada saat pernikahan tidak sedikit mempelai pria memilih menggunakan jas.

Selain karena terlihat rapi, setelan jas juga memberikan kesan keren.

Berikut adalah ukuran standar pengantin pria yang bisa anda gunakan saat ingin membuat jas yang ingin anda pakai di pernikahan

SizeDadaBahuLenganPanjang
S1044160104
M1074361107
L1104662110
XL1124963112
2XL1155164115

Untuk lelaki yang memiliki badan ukuran jumbo, anda bisa menggunakan yang ukuranya 2XL atau XXL.

Saat menggunakan jas juga dibarengi dengan menggunakan celana kain agar terlihat momen kesakralan. Berikut ini ukuran celana kain yang bisa anda gunakan

Ukuran Celana Pegantin Pria

SizeLebar PinggangPanjang Celana
276894
287195.6
297497
307698.5
317999
328110.5

Warna umum yang digunakan jas adalah hitam. Hal tersebut untuk tidak menyaingi warna kebaya dari pengantin wanita.

Warna hitam juga membuat pria lebih elegan ditambah dengan ukuran jas yang tidak terlalu ketat atau longgar.

Tips Membuat Baju Pengantin Sendiri

Pernikahan adalah sesuatu hal besar yang sangat sakral. Oleh karena itu beberapa orang mencoba membuat sendiri baju pengantin yang ingin dipakainya.

Berikut adalah tips membuat baju pengantin sesuai dengan keinginan anda

  • Tentukan tema gaun

Untuk mendapatkan hasil gaun yang maksimal, anda harus menetukan tema pernikahan agar bisa menentukan tema gaun yang digunakan.

Jika anda ingin membuat baju pengantin yang sederhana pilihlah model kutu baru. Model ini akan membuat tubuh anda terlihat lebih kurus.

  • Pilih kain dan motif yang tepat

Pada saat pernikahan anda akan menjadi ratu sehari. Oleh sebab itu pilihlah kain dan motif yang sesuai dengan tema gaun yang anda inginkan.

Untuk saat ini kebaya berwarna pastel menjadi idaman. Hal tersebut dikarenakan warna kebaya yang tidak terlalu mencolok.

Namun anda juga harus menyesuaikan warna kain dengan warna kulit anda. Jangan mengikuti tren, karena beberapa warna kulit memang terlihat bagus jika memakai warna terang.

Jangan lupa untuk menambahkan furing pada bagian dalamnya. Agar dapat menyerap keringat anda. Mengingat pasti anda akan sibuk menyapa para tamu.

  • Pilih desainer atau penjahit yang berpengalaman

Hal ini sangatlah menjadi poin penting dalam membuat baju pengantin. Karena ditangan yang tepat, gaun pengantinmu akan menjadi gaun yang memukau.

Jangan coba-coba memilih penjadit yang belum pernah menjahit baju pengantin. Anda tentunya tidak mau rugi secara finansial maupun mental karena memakai gaun yang compang-camping.

Saat proses pengukuran, buatlah gaun dengan ukuran yang nyaman saat dikenakan. Jangan terlalu ketat atau terlalu longgar.

  • Lakukan pemesanan jauh hari

Gaun yang berkualitas tidak bisa didapatkan dalam waktu semalam. Pembuatannya pastilah memerlukan waktu berhari-hari sampai berbulan-bulan.

Lakukan pemesanan gaun dari jauh-jauh hari apalagi gaun yang anda inginkan memiliki detail yang cukup rumit.

Saat gaun sudah jadi lakukan fitting gaun pengantin. Agar bisa mengetahui gaun pengantin tersebut benar-benar sesuai keinginan anda atau tidak.

Tinggalkan komentar